Share this:

Banyak pertanyaan yang sering muncul saat memutuskan akan membeli rumah adalah “lebih untung mana si membeli rumah secara KPR atau cash?”.  Apabila membeli rumah dengan cash/ tunai, anda perlu mempersiapkan dana sesuai dengan nilai rumah yang ingin dibeli sehingga membutuhkan dana yang cukup besar. Namun apabila anda ingin membeli rumah secara kredit/KPR, anda hanya perlu menyediakan dana untuk awal dan cicilan tiap bulannya.  Sebelum menentukan mana yang lebih menguntungkan antara pembeliaan secara cash atau KPR. Sebaiknya anda perlu mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari dua cara tersebut. Yuk simak ulasannya.

 1. Membeli rumah secara cash/tunai

Kelebihan membeli rumah secara cash yaitu harga yang ditawarkan akan lebih murah karena tidak dikenakan bunga seperti pada KPR. Prosesnya pun akan lebih cepat dan mudah, anda bisa hanya melakukan transaksi pihak developer tanpa ada pihak ketiga yaitu pihak bank. Membeli rumah secara cash lebih aman karena setelah transaksi jual beli selesai, rumah tersebut otomatis sudah menjadi hak milik kita, sehingga bisa dijadikan investasi jangka pendek anda. Anda bisa mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu 3-5 tahun dengan mudah tanpa harus menjual dengan status over kredit yang biasanya juga harus melewati proses yang panjang.

Setiap kelebihan pasti ada kekurangan. Kekurangan dari membeli rumah secara cash/tunai adalah membutuhkan dana yang tidak sedikit, karena harus memiliki uang cash sesuai harga rumah saat itu juga. 

2. Membeli rumah secara kredit/KPR

KPR banyak menjadi pilihan bagi banyak nasabah bank untuk mendapatkan rumah karena dengan membeli secara kredit/KPR anda tidak perlu menyiapkan dana dalam jumlah besar. Anda hanya perlu membayar uang muka untuk bisa mendapatkan rumah. Selain itu cicilan bisa meringankan pengeluaran karena anda tidak kehilangan uang dalam jumlah besar dalam waktu yang sekejap. Cicilan tiap bulan pun bisa rendah dengan mengambil jangka waktu KPR yang lama atau membayar uang muka lebih besar.

Membeli rumah secara kredit/KPR juga memiliki kekurangan. Semakin lama waktu anda mengambil cicilan rumah, maka bunga yang akan dibebankan semakin besar sehingga berdampak pada tingginya total pembayaran yang dilakukan. Bunga KPR yang fluktuatif setiap tahunnya akan mengharuskan konsumen membayar cicilan sesuai dengan kenaikan bunga KPR. Apabila suatu ketika anda tidak dapat memiliki kemampuan untuk membayar cicilan, bisa jadi rumah tersebut akan disita. Pembayaran secara KPR tidak semata mata langsung bisa dilakukan karena perlu persetujuan dari pihak bank yang akan mempertimbangkan berbagai aspek dari berkas pengajuan tersebut. 

Jadi, untung mana membeli rumah dengan KPR atau cash? Semuanya tergantung pada kesanggupan dari anda sebagai calon pembeli.