Share this:
Sumber Gambar : Radar Banyumas

Kota Purwokerto tengah gencar melakukan pembangunan. Salah satu pembangunan yang dilakukan adalah pembuatan Tugu Gada Rujak Polo yang terletak di daerah Bantarsoka, Purwokerto. Tepatnya pada bundaran underpass Jendral Soedirman.

Berdirinya Tugu Gada Rujak Polo ditengah-tengah pandemi Covid-19 membuat masyarakat bergembira dan menjadikannya sebagai ikon baru di Purwokerto. Hal ini jelas terlihat dari antusias masyarakat yang rela melihat dan berfoto ria di area tersebut. Hiruk pikuk lampu kota, indahnya jalanan underpass, dan ditambah gemerlap Tugu Gada Rujak Polo dengan air mancurnya membuat masyarakat sekitar betah memandanginya. Tak jarang para pesepeda dengan sengaja bertemu dan berkumpul di area tersebut. Setelah ada Tugu Pancasila, Monumen Gatot Subroto, Tugu Estafet, Kini Purwokerto memiliki ikon baru yang populer yaitu Tugu Gada Rujak Polo.

Gada Rujak Polo sendiri merupakan salah satu senjata dari tokoh Werkudoro dalam cerita pewayangan yang menggambarkan watak kesatrian yang jujur dan berani. Tidak hanya itu, Tugu Gada Rujak Polo juga memiliki arti atau filosofi bahwa setiap tindakan yang dilakukan oleh seseorang harus menggunakan akal dan difikirkan secara matang. hal ini diambil dari kata “polo” yang diartikan sebagai otak, dan “rujak” yang diartikan sebagai olahan.

Proyek pembuatan Tugu Gada Rujak Polo dimulai pada tahun 2019 yang akhirnya terealisasi di tahun 2020. Kepala Bidan Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Banyumas, Widodo Sugiri menyatakan bahwa pembangunan proyek Tugu Gada Rujak Polo menghabiskan anggaran kurang lebih Rp 2 Miliar. Adanya Tugu Gada Rujak Polo membuat Purwokerto menjadi semakin meriah. (bet)