TIPS MENATA RUMAH MINIMALIS AGAR SELALU RAPI

Share this:

Memiliki rumah kecil atau minimalis seringkali harus cerdas dalam membangi fungsi ruangan. Luas ruangan dan jumlah ruangan yang terbatas dengan banyaknya furniture yang ada di dalam rumah akan menyulitkan dalam menata rumah minimalis. Pemilihan warna dan pengaturan letak furniture merupakan salah satu hal yang cukup berpengaruh besar dalam menata rumah kecil anda agar selalu rapi. Yuk simak tips menata rumah kecil atau minimalis agar selalu rapi.

 

  1. Menyimpan barang pada tempatnya dan rutin membersihan rumah

Anda harus memiliki tempat penyimpanan, sebuah kotak atau kabinet kecil untuk barang barang kecil yang seringkali tanpa sadar akan membuat ruangan tampak berserakan. Kesadaran untuk mengembalikan barang – barang ketempatnya juga menjadi patokan agar ruangan dalam rumah selalu rapi. Selain selalu  disiplin dalam menempatkan barang pada tempatnya, rutin dalam membersihkan rumah juga salah satu hal yang membuat rumah selalu rapi. Buatlah jadwal rutin dalam membersihkan rumah minimal seminggu sekali.

  1. Memilih perabotan secara bijak

Memiliki banyak perabot dirumah yang kecil atau minimalis sama saja akan menyulitkan anda saat menata rumah, apalagi perabot dengan ukuran yang besar. Bijaklah dalam memilih perabot sesuai dengan kebutuhan. Hindari penggunaan ornamen tebal atau bulat karena akan membuat perabot tampak berat. Pilih lemari dengan banyak ruang agar barang barang tidak tercecer sehingga penataan rumah bisa lebih efektif dan efisien. Selaraskan warna perabot dengan cat dinding ruangan agar membuat kesan ruangan apik dan tidak terkesan sempit.

  1. Bijak dalam memilih ornamen

Memasang ornamen pada ruangan juga boleh digunakan untuk membuat ruangan tampak eye catching. Coba letakan ornamen di dinding atau di rak ruangan sehingga ornamen ini akan membuat mata tidak sempat memperhatikan kecilnya ruangan. Penempatan ornamen harus diperhatikan agar ruangan tetap terlihat rapi. Pilihlah oranemn yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu banyak, gunakan ornamen secukupnya untuk akses dalam ruangan anda.

  1. Perhatikan sirkulasi udara

Menata rumah dengan rapi dan indah, belum sempurna jika rumah masih terasa lembab. Dalam pentaan rumah, sirkulasi udara menjadi hal yang perlu diperhatikan. Pasanglah pintu dan cendela yang besar agar rumah terasa lebih lapang. Selain itu buka jendela setiap pagi agar rumah dan cahaya matahari masuk agar udara dalam ruangan menjadi lancar.

  1. Membuat ruangan menjadi multifungsi

Membuat sebuah ruangan memiliki beberapa fungsi membuat penataan ruangan menjadi lebih mudah. Selain lebih mengefisienkan dalam penataan ruangan, penggunaan perabot pun menjadi lebih optimal sehingga akan memudahkan anda dalam membereskan perabotannya. Misalnya menggabungkan dapur dan ruang makan dalam satu ruangan atau menggabungkan ruang tamu dan ruang keluarga.

Membuat rumah kecil agar selalu rapi sebenarnya tidak sulit, pintar pintar dalam penataannya juga kesadaran untuk selalu menempatkan barang pada tempatnya merupakan kunci agar rumah selalu rapi dan bersih.

 

Sumber