Share this:

Beberapa syarat dan ketentuan harus dipenuhi untuk dapat membeli rumah FLPP. Syaratnya tidak sulit dan tidak memberatkan masyarakat, karena program ini memang ditujukan untuk memudahkan MBR (masyarakat berpenghasilan rendah) mendapatkan rumah pribadi. Tujuan dari mudahnya persyaratan ini adalah agar subsidi bantuan pemerintah disalurkan dengan tepat sasaran.

Berikut persyaratan yang harus dipenuhi oleh para konsumen yang akan mengajukan KPR FLPP :

  1. Belum memiliki rumah

     Syarat utama dan mutlak yang harus dipenuhi untuk pengajuan KPR FLPP adalah calon pembeli rumah belum pernah memiliki rumah sama sekali. Karena tujuan dari program ini adalah untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memiliki rumah pertama.

  1. Belum pernah mendapatkan subsidi lain dari Pemerintah

     Pemohon KPR FLPP harus belum pernah mendapatkan subsidi lain dari Pemerintah. Bentuk bantuan lain dari Pemerintah misalnya bantuan berupa Rumah Susun Sewa (Rusunawa). Apabila anda sudah memperolah bantuan lain tersebut maka anda tidak berhak lagi memperoleh KPR FLPP. Hal ini dilakukan agar bantuan dari Pemerintah bisa merata dan terasa manfaatnya bagi semua masyarakat, khususnya yang ingin memiliki rumah pribadi dengan kondisi yang layak.

  1. Berpenghasilan sesuai dengan syarat pengajuan KPR FLPP

     Penghasilan maksimal yang ditentukan oleh Pemerintah dan Kemenpera dalam pengajuan KPR FLPP adalah yang berpenghasilan dibawah 5 juta perbulannya. Syarat penghasilan ini jelas sangat bersahabat bagi anda yang memiliki penghasilan relatif rendah.  

  1. Rumah harus untuk pribadi

     Apabila anda mengajukan KPR FLPP diwajibkan untuk menempati rumah tersebut untuk kepentingan pribadi dan tidak boleh dikomersialkan. Hal ini dilakukan agar kembali pada tujuan awal yaitu tepat sasaran untuk masyarakat yang membutuhkan hunian yang layak. Rumah yang dibeli dengan cara KPR FLPP ini harus langsung ditempati setelah penyerahan kunci dan tidak boleh dibiarkan kosong.

  1. Memiliki pekerjaan tetap atau berstatus sebagai pegawai tetap

     Bestatus pegawai tetap disuatu perusahaan anda bekerja merupakan syarat untuk pengajuan KPR. Hal ini pun berlaku untuk pengajuan KPR FLPP. Syarat ini bertujuan untuk memberikan rasa aman pihak perbankan dalam memberikan kredit, dan meyakinkan bahwa anda bisa membayar kewajiban cicilan KPR dengan lancar.

  1. Mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan

     Dokumen-dokumen yang harus dipersiapkan anda untuk mengajukan KPR FLPP salah satunya adalah slip gaji dari perusahan dan NPWP. Mutlak untuk anda mempersiapkan dokumen ini dan dokumen penunjang lainnya karna akan memudahkan anda untuk mendapatkan KPR FLPP tersebut.

KPR FLPP ini sangat membantu bagi masyarakat yang ingin memiliki rumah pribadi. KPR FLPP menjadi angin segar bagi masyarakat berpenghasilan rendah untuk mendapatkan pemukiman yang layak dibalik harga rumah yang tiap tahun meningkat. Syarat dan ketentuan harus dipersiapkan sebaik mungkin supaya mempercepat memperoleh rumah idaman anda.

 

Sumber