Share this:

Konsep rumah minimalis sedang menjadi tren dan banyak yang menerapkan konsep ini sebagai konsep hunian. Penataan interior dan tata letak perabot untuk rumah minimalis harus dipilih dengan sangat baik agar ruangan tidak terlihat sempit. Dengan sentuhan yang baik dan benar, anda dapat mendesain rumah minimalis anda menjadi rumah yang terlihat manis dan nyaman.

Terbatasnya ruangan pada rumah minimalis membuat anda harus lebih memperhatikan berbagai jenis perabot yang akan digunakan untuk ditempatkan pada rumah anda. Penggunaan perabot yang berlebihan akan membuat tampilan rumah menjadi lebih sempit. Gunakan perabot seperlunya saja agar sesuai dengan luas ruangan rumah anda.

Selain memperhatikan jenis dan penggunaan perabot, pengaturan cahaya akan mampu membuat tampilan rumah kamu berbeda. Dengan pengaturan cahaya yang benar, anda bisa mendapatkan suasana yang membuat ruangan terlihat lebih terang dan terkesan lebih luas. Pemberian ventilasi atau jendela juga dapat menjadi pilihan untuk memberikan kesan lapang pada ruangan tersebut karena memungkinkan sinar matahari leluasa masuk.

Penggunaan cermin di setiap ruangan akan mensiasati rumah yang sempit. Cermin yang terpasang pada suatu ruangan akan memberikan efek pantulan yang membuat ruang tersebut terkesan lebih luas. Selain itu cermin juga dapat digunakan sebagai pemantul cahaya lampu yang alami sebagai penerangan ruangan.

Buatlah ruang penyimpanan khusus untuk barang-barang anda yang biasanya tercecer. Agar tidak semakin sempit, tempat tidur yang dilengkapi dengan laci bisa manjadi pilihan anda. Dengan begitu anda tidak perlu perabot tambahan yang akan membuat ruangan menjadi semakin sempit.

Warna-warna kalem bisa anda pilih untuk membuat ruangan terkesan sederahan namun elegan. Selain itu langit-langit yang tinggi adalah salah satu kunci rumah tidak terkesan sempit.

Setiap sudut ruangan di rumah anda harus di manfaatkan sebaik mungkin berhubung area rumah tidak luas. Contohnya seperti penataan dapur dengan menggabungkan ruang makan / ruang keluarga dalam satu ruangan, dan pengguaan perabot yang tidak besar. Hal ini dapat menjadi pilihan anda mengabungkan ruang makan/ruang keluarga dan dapur menjadi satu agar terlihat lebih luas. Selain itu, pilih warna putih untuk tembok dan lantainya.

Pada dasarnya rumah minimalis adalah rumah yang memiliki ruangan yang tidak terlalu besar. Namun ruangan sempit jangan dijadikan penghalang untuk anda mendesain rumah minimalis anda. Mendesain rumah minimalis perlu kreatifitas yang tinggi pemiliknya.