Share this:

Lantai adalah salah satu bagian yang penting yang akan menentukan penampilan rumah secara jangka panjang. Memilih material lantai yang cocok dengan konsep rumah dan kebutuhan rumah menjadi hal yang sangat perlu diperhatikan. Pada umumnya, lantai yang sering digunakan adalah lantai keramik dan lantai granit. Keduanya memiliki karateristik yang berbeda – beda.

 

  1. Lantai Keramik

Keramik adalah bahan lantai yang umum digunakan disetiap rumah, karena perawatannya lebih mudah dibandingkan dengan granit dan kayu. Selain itu lantai keramik juga tidak mudah tergores dan mudah dibersikan apabila terkena noda. Dari segi penampilan, keramik lebih memiliki banyak variasi dari segi warna dan motifnya dibandingkan dengan granit. Selain untuk dijadikan sebagai bahan lantai, keramik juga biasa digunakan untuk dinding kamar mandi karena sifatnya yang tidak menyerap air dan mudah dibersihkan.

Dalam menentukan bahan lantai yang akan digunakan pada suatu rumah, harga biasanya menjadi sebuah patokan. Harga keramik dibandingkan dengan bahan lantai lainnya bisa dikatakan lebih murah. Untuk keramik dengan kualitas tinggi pun harganya akan lebih murah dibandingkan dengan granit dengan kualitas yang sama.

Jika anda menginginkan lantai dengan corak atau motif tertentu, keramik adalah pilihan yang paling tepat karena memiliki lebih banyak variasi.

  1. Lantai Granit

Secara fungsi, granit lebih kuat jika dibandingkan dengan keramik karena proses pembakarannya di suhu yang lebih panas sehingga lebih padat dan tidak mudah retak ataupun pecah. Sedangkan. Untuk motif dan warna dari granit biasanya lebih terbatas jika dibandingkan dengan keramik, biasanya corak keramik granit terbuat dari batu alam atau marbel dan penampilan motifnya lebih tidak teratur.

Variasi harga disesuaikan dengan kualitas keramiknya. Namun, pada umumnya harga granit lebih mahal dibandingkan dengan bahan lantai lainnya. Dalam hal ketahannya, granit merupakan salah satu bahan lantai yang paling tahan lama dibandingkan dengan lainnya. Selain itu, granit juga lebih sulit retak atau rusak. Jika anda menginginkan kesan yang lebih mewah dan elegan, sebaiknya anda menggunakan granit untuk bahan lantai rumah anda.

Jadi, sudah memutuskan ingin memasang lantai apa di rumah?