Share this:

Memasuki musim hujan, banyak hal yang perlu diperharikan agar rumah tetap nyaman dihuni. Selain banjir, faktor lain seperti kebocoran atap, merembersnya dinding sangat perlu diwaspadai. Oleh karena itu untuk menghindari hal – hal yang tak diinginkan sebisa mungkin anda perlu memperhatikannya dengan seksama. Berikut hal yang perlu diperhatikan :

  1. 1. Saluran Air

Hampir setiap rumah dipastikan memiliki talang air. Saat memasuki musim hujan sebaiknya membersihkan talang air terlebih dahulu, karena kotoran yang menumpuk bisa menyumbat saluran air. Jangan hanya membersihkan tapi juga memperhatikan kondisinya apakah masih baik atau ada hal yang diperbaiki. Untuk menghandari masuknya tikus atau hewan lain yang tidak diinginkan yang bisa menyumbat saluran air sebaiknya dipasangin kawat kawat sehingga tidak bisa masuk kedalam.

  1. Kondisi atap rumah

Atap bocor bisa menjadi masalah yang besar untuk rumah. Pasalnya, keboncoran rumah akan membuat suasana rumah menjadi tidak nyaman. Untuk menghindarinya, tidak ada salahnya melakukan pengecekan kondisi atap rumah apakah bergeser atau retak dan mulai diperbaiki kembali atau menggantinya. Selain itu, penggunaan cat pelindung yang anti air juga bisa digunakan untuk pencegahan kebocoran.

  1. Keadaan dinding

Pada saat musim hujan, tak jarang dinding menjadi lembab. Rembesan air di dinding bukan hanya dapat mengganggu keindahan tetapi juga dapat membuat retakan pada dinding. Penggunaan cat dinding dari bahan waterproof bisa digunakan untuk meminimalisir kejadian rembesan pada dinding.

  1. Perhatikan detail bagian dalam dan luar rumah

Memperhatikan bagian dalam dan luar rumah sangat penting untuk meminimalisir hal – hal yang tidak diinginkan yang terjadi. Jalur ventilasi udara, jendela serta pintu rumah yang sudah berfungsi kurang baik sebaiknya diperbaiki agar tidak menjadi jalan masuk air hujan. Kabel listrik juga perlu diperhatikan agar tidak menyebabkan korsleting. Dibagian luar rumah, sebaiknya diusahakan posisi halaman rumah lebih rendah dibanding lantai rumah sehingga air tidak mudah masuk. Selain itu bersihkan halaman rumah dari berbagai barang yang tidak terpakai yang bisa menjadi sarang nyamuk.

 

Sumber