Share this:

Idealnya pasangan yang baru menikah atau berencana menikah mempunyai prioritas utama untuk memiliki rumah sendiri. Tapi banyak yang tidak bisa mewujudkan impiannya karena finansialnya.

Memiliki rumah impian gak semudah membalikkan telapak tangan, melihat harga yang kian melambung tiap tahunnya sementara penghasilan yang didapat pas-pasan. 

Tapi bukan berarti anda dan pasangan tidak bisa memiliki rumah impian kalian lho. Dengan strategi yang tepat, rumah impian pun bisa diwujudkan dalam waktu dekat. 

1. Mulailah menabung 

Buka rekening tabungan khusus untuk cicilan rumah. Mulailah menabung minimal 20% dari penghasilan setiap bulannya. Misalnya total gaji anda dan pasangan 4 juta rupiah, sisihkan setidaknya 800 ribu per bulan untuk ditabung. Nah dalam setahun dapat terkumpul dana yang bisa digunakan untuk membayar DP kepemilikan rumah. Jangan gunakan tabungan khusus rumah itu untuk keperluan lain yaaa !

2. Mencari jalur alternatif lain untuk penghasilan tambahan 

Mencari penghasilan tambahan di luar pekerjaan utama bisa juga dilakukan untuk menambah pemasukan untuk kepemilikan rumah. Menjalankan usaha onlineshop misalnya sebagai dropshipper atau reseller. Atau bisa juga melakukan pekerjaan tambahan sesuai dengan hobi anda seperti fotografi atau menjadi penulis lepas. Mesti tidak seberapa, tapi hasil pekerjaan tambahan ini sangat bisa membantu menambah uang cicilan rumah.

3. Kurangi pengeluaran yang kurang penting 

Kurangi pengeluaran yang bersifat komsutif seminimal mungkin. Biaya hiburan seperti menonton bioskop, nongkrong di cafe dan liburan sebaiknya dikurangi demi membeli rumah impian anda.

 4. Carilah rumah murah dipinggiran kota atau program rumah subsidi 

Pemerintah sedang giat membuat program rumah FLPP atau rumah subsidi dengan harga yang lebih terjangkau. Dengan syarat tertentu anda bisa mendapatkan rumah murah. Selain rumah subsidi, sebaiknya carilah rumah didaerah pinggiran kota karena biasanya harga yang ditawarkan relatif lebih rendah. Rajin rajin lah mencari informasi ke berbagai developer tentang hal ini yaa.

5. Memanfaatkan dana pinjaman KTA dari bank untuk rumah

 Alternatif yang bisa anda pilih adalah memanfaatkan dana pinjaman KTA (Kredit Tanpa Angunan). KTA memiliki kelebihan dan kekurangan jadi benar benar harus dipertimbangkan terlebih dahulu sebelum memutuskan menggunakannya ya!

Memiliki rumah impian untuk pasangan baru merupakan keinginan terbesar dan pasti memiliki tantangan tersediri. Komitmen dan perencaan yang matang sudah harus diterapkan jauh hari agar segera terwujud rumah impiannya. Selamat mencoba !

 

Sumber