Share this:

Banyak orang memilih mewujudkan rumah dengan tipe pembayaran secara kredit atau yang biasa kita kenal sebagai KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Tipe pembayaran secara KPR akan membantu anda memiliki rumah impian dengan cara dicicil. Dan meskipun cicilan anda belum lunas, rumah tersebut sudah bisa langsung dihuni. Meskipun begitu, sebelum mengajukan KPR anda harus memastikan pilihan bank pemberi KPR yang tepat.

Setelah pengajuan KPR anda disetujui oleh bank, maka langkah selanjutnya adalah memastikan pengelolaan keuangan anda benar agar cicilan anda tidak mandek ditengah jalan. Rekam jejak kredit yang baik adalah salah satu hal yang penting yang akan dipertimbangkan oleh instansi keluangan dalam memberikan pinjaman kepada anda. Apabila anda selalu tepat waktu membayar cicilan dan tidak pernah macet akan memudahkan anda melakukan pinjaman lain dikemudian hari. Agar pembayaran cicilan KPR anda lancar sampai akhir, yuk simak kiat – kiat berikut ini :

  1. Pisahkan rekening KPR dan rekening tabungan

Memisahkan rekening untuk cicilan KPR dan rekening yang berisi dana tabungan untuk keperluan sehari – hari adalah langkah yang harus dilakukan agar cicilan KPR and berjalan dengan lancar. Strategi ini sangat penting, karena apabila anda mencampur dana menjadi satu pada satu rekening akan membuat anda kelimpungan ketika anda tidak sengaja menggunakan dana yang seharusnya untuk cicilan KPR untuk kebutuhan lain.

  1. Gunakan sistem autodebet tabungan

Untuk anda yang super sibuk dan pelupa, pembayaran cicilan KPR dengan menggunakan layanan autodebet merupakan pilihan yang telat. Sistem ini akan otomatis mengurangi uang ditabungan anda untuk pembayaran cicilan KPR sehingga anda tidak perlu pusing untuk memikirkan meluangkan waktu untuk menyetor cicilan KPR. Dengan cara ini, pembayaran cicilan KPR anda akan berjalan lancar dan tepat waktu. Namun ada perlu melakukan pengecekan pendebitan secara rutin, ditakutkan ada salah atau pendebitan dua kali tanpa sengaja dari sistem tersebut.

  1. Disiplin mengatur keuangan

KPR adalah kewajiban utang yang harus dibayar sesuai perjanjian, maka anda harus mengatur keuangan dengan sebaik – baiknya. Usahakan mengurangi kegiatan konsumtif yang akan menguras keuangan anda seperti membeli barang – barang yang tidak dibutuhkan atau nongkrong di kafe terus menerus. Ada baiknya juga, anda memiliki dana cadangan sebesar minimal tiga bulan cicilan KPR anda. Hal ini menjaga agar anda tetap membayar tepat waktu apabila bunga cicilan naik. Selain itu, anda akan tetap bisa membauat cicilan KPR meskipun disaat yang bersamaan anda memiliki kebutuhan mendesak seperti keluarga sakit atau lainnya.

Itulah beberapa strategi yang dapat anda terapkan agar anda dapat melakukan pembayaran cicilan KPR secara lancar dan teratur.

 

Sumber