Share this:

KPR (Kredit Kepemilikan Rumah) sangat membantu siapa saja yang ingin memiliki rumah impian. Sistem ini biasanya menjadi primadona bagi setiap oranguntuk pembelian unit rumah. Saat ini semakin banyak lembaga keuangan yang memberikan pilihan yang luas untuk masyarakat. Salah satunya saat ini sedang berkembang pesat jenis KPR Syariah, tentu saja prosedur dan karakteristik KPR syariah sangat berbeda jika dibandingkan bank konvensional. Standarnya, KPR syariah lebih menggunakan sistem bagi hasil. Apa lagi keuntungan menggunakan KPR Syariah, yuk simak informasinya.

1. Cicilan tetap

Bank syariah menerapkan cicilan tetap (fix) dari awal sampai akhir masa tenor. Anda tidak perlu cemas jika suatu saat terdapat fluktuasi suku bunga dalam perekonomian karena jumlah yang dibayakan tetap sama walaupun tingkat fluktuasinya mencapai 20% atau lebih. Pada sistem KPR syariah, bank sudah menetapkan margin atau besaran cicilan yang akan di bayarkan oleh konsumen setiap bulannya yang telah disepakati bersama. Sehingga keuangan keluarga anda akan lebih mudah dikelola dengan cicilan yang tetap.

  1. Tidak mengenal value of money

KPR syariah tidak mengenal istilah value of money. Artinya apabila konsumen (debitur) terlambat atau menunggak pembayaran, maka tidak akan dikenakan denda. Begitupula dengan konsumen yang ingin melunasi cicilan sebelum waktunya, mereka tidak dibebankan denda seperti KPR konvensional.

  1. Tidak menerapkan compound interest

Sistem angsuran dihitung berdasarkan pengaruh inflasi yang sudah dibicarakan sebelumnya antara pihak bank dengan calon pemilik rumah / kreditur. Sehingga tidak ada bunga berganda (compound interest) dalam perhitungan margin atau angsurannya.

  1. Halal

Seusai fatwa dewan Syariah Nasional KPR syariah telah memenuhi unsur transaksi syariah sehingga dijamin kehalalannya. Selain itu KPR Syariah juga tidak riba.