Share this:

Smart Home merupakan konsep rumah pintar yang mengizinkan penghuni rumah untuk mengatur keamanan dan mengendalikan segala piranti elektronik yang ada di rumah hanya dengan smartphonenya kapanpun dan dimanapun. Kehadiran teknologi smart home sudah mulai dikenal di Indonesia, tidak sedikit pengembang yang mengaplikasikan teknologi tersebut pada produk hunian mereka. Namun, pengaplikasian smart home ini oleh masyarakat belum terlalu banyak karena harga yang relatif mahal dibandingkan pendapat rata – rata masyarakat Indonesia.

Meski begitu, konsep smart home ini akan semakin booming dimasa depan seiring dengan pertumbuhan era digital yang begitu cepat, konsep rumah cerdas ini bahkan akan menjadi kebutuhan mutlak sebuah keluarga. Semua kemudahan yang ditawarkan oleh smart home membuat hidup menjadi lebih mudah, eco friendly dan hemat energi. Menerapkan teknologi smart home di suatu rumah dibutuhkan infrastruktur yang memadai. Medianya bisa menggunakan suara, sinar inframerah, atau kendali jarak jauh dengan koneksi internet.

Berbagai keuntungan didapat ketika anda menerapkan teknologi rumah pintar atau smart home ini dirumah anda.

  1. Canggih dan memudahkan

Smart home adalah cerminan rumah yang menonjolkan kecanggihan teknologi dengan fitur yang modern. Konsep smart home ini memang didominasi oleh pengaplikasian teknologi sehingga akan memudahkan penghuni rumah untuk mengendalikan segala piranti elektronik yang ada didalam rumah hanya melalui remote atau smartphone.

  1. Keamanan terjamin

Dengan mengaplikasikan smarthome dirumah anda, bisa dibilang akan meminimalisir tindak kejahatan seperti pencurian didalam rumah. Bukan lagi menggunakan kunci rumah untuk pintu tetapi sudah menggunakan sidik jari, password ataupun kartu yang hanya bisa diakses oleh si pemilik rumah. Saat harus pergi meninggalkan rumah selama berhari – hari pun, anda tidak perlu risau karena penghuni rumah dapat memantau aktivitas rumah dan mengontrolnya setiap saat melalui CCTV yang terpasang di beberapa sudut rumah melalu smartphone anda.

  1. Kendali dalam satu perangkat

Segala pengaturan piranti elektronik mulai dari televisi, dvd, sound system, ac, cctv, hingga lampu disetiap ruangannya pada konsep smart home dapat dikendaikan dalam sebuah smartphone. Penghuni rumah tidak perlu menggunakan beragam remote untuk mengendalikan setiap elektronik. Dengan konsep smart home, kendali seluruh piranti yang ada didalam rumah hanya dalam satu perangkat.