Share this:

Kita biasa sering menyebut kata plafon tapi apakah anda tau apa itu plafon?  Plafon adalah bagian konstruksi bangunan yang berfungsi sebagai lapisan yang membatasi tinggi suatu ruangan. Selain sebagai lapisan pembatas, plafon juga berguna sebagai estetika suatu ruangan. Berbagai macam jenis plafon yang tersebar di pasaran tetapi plafon gypsum adalah yang paling populer. Faktor perawatan yang mudah menjadi alasan plafon gypsum menjadi favorit banyak orang, selain itu juga plafon gypsum mempunyai variasi yang sangat banyak sehingga mempermudah dalam memilih sesuai dengan kebutuhan anda. 

Hampir semua rumah pada umumnya sudah menggunakan plafon gypsum. Hal ini karena plafon gypsum jika dipasang akan memberikan kesan estetika yang baik untuk sebuah rumah, plafond akan terlihat rapi tidak terkesan berantakan. Sapphire Grup juga menggunakan plafon gypsum sebagai salah satu spesifikasi untuk bangunannya. Hampir semua proyek rumah Sapphire sudah menggunakan plafon gypsum sebagai pilihan. Plafon gypsum dipasang menggunakan rangka besi hollow atau rangka kayu dengan pengikat berupa paku atau sekrup. Sapphire Grup memilih menggunakan rangka besi hollow untuk pemasangan plafon gypsumnya agar terlihat lebih elegan. Penggunaan gypsum sebagai plafon memungkinkan anda untuk berkreasi dengan berbagai desain. Plafon gypsum banyak digunakan karena memiliki berbagai kelebihan dibandingkan dengan jenis plafon-plafon lainnya yaitu : 

1. Plafon gypsum sangat mudah diperbaiki dan tidak diperlukan pembongkaran total apabila terjadi kerusakan. Jadi, cukup bagian rusak saja yang dipotong atau diplester.

2. Proses pengerjaan plafon gypsum lebih cepat

3. Menghasilkan plafon yang rata dan mulus dan tidak tampak sambungan.

4. Dapat dibuat beragam bentuk, misalnya bertingkat (drop/up ceiling), bentuk kubah, dll.

5. Banyak tersedia asksesoris atau hiasan untuk plafond gypsum di pasaran. misalnya: lis, hiasan tengah, hiasan sudut, dan sebagainya.

6. Pemasangan dapat dilakukan dengan cepat dan rapi

7. Tidak mudah terbakar dan tidak dimakan rayap.

8. Bisa dipasang dengan menggunakan rangka kayu maupun rangka besi (hollow).

9. Banyak tersedia dipasaran.

 

Sumber