Share this:

Suatu keputusan yang besar yang anda ambil ketika akan membeli rumah pertama. Proses membeli rumah pertama memang sebuah kegiatan yang menantang. Harga rumah yang setiap tahunnya mengalami kenaikan, menjadi sebuah hal yang perlu di fikirkan lebih matang terkait dengan finansial anda. Apalagi, banyak orang yang bilang, membeli rumah itu ibarat jodoh. Faktor kecocokan mengambil peran penting didalamnya. Nah simak tips berikut untuk membantu anda untuk mempermudah dalam menentukan pembeliaan rumah pertama anda

  1. Pilih Agen / Developer yang terpercaya

Sebelum membeli rumah pertama anda, pastikan bahwa anda telah mencari semua informasi mengenai rumah tersebuh dengan teliti dan detail. Pertimbangkan pula track record developer yang anda inginkan, cek kualitas dan kuantitas dari proyek – proyek yang developer tersebut bangun. Pilih developer yang bereputasi baik. Sebagai pembanding, kunjungi proyek pembangunan sebelumnya untuk meninjau kualitas bangunan, ketepatan waktu serah terima, serta fasilitas yang diberikan.

Sapphire Grup adalah developer terpercaya yang telah membangun puluhan proyek yang terjamin mutu dan kualitasnya. Selain itu, kemudahan proses juga didapat kan konsumen untuk setiap pembelian unit di Sapphire Grup.

Anda juga bisa memanfaatkan jasa agen properti dalam proses pencarian rumah impian anda. Anda bisa mendapatkan informasi tentang kondisi lingkungan, perbandingan harga, prosedur perizinan dan lainnya. Pilih agen dengan reputasi baik yang benar benar mengenal seluk beluk kawasan pilihan anda.

  1. Pahami prosedur pembelian

Prosedur pembelian properti tentu saja tidak sesederhana membeli barang kebutuhan sehari – hari. Banyak faktor yang tertuang didalamnya, mulai dari pilihan tipe pembayaran (tunai/kpr), pengurusan akad jual beli hingga proses perubahan denah sesuai yang diinginkan. Dalam pembelian rumah, biasanya cara pembayaran rumah yang ditawarkan ada 3 macam yaitu tunai / cash keras, cash bertahap dan KPR.

Selain menyiapkan dana sebesar harga rumah atau uang muka, anda juga perlu menganggarkan biaya ekstra untuk biaya proses KPR ke bank apabila anda ingin membeli rumah tersebut secara KPR yang nominalnya bisa bervariasi. Apabila anda akan membeli rumah pertama anda secara kredit, perhatikan dan pahami dengan cermat tabel cicilan atau estimasi cicilan selama periode kredit. Selain itu perhatikan pula berapa lama suku bunga tersebut berlaku.

  1. Tinjau keseluruhan kawasan

Selain memperhatikan harga rumah, cicilan dan kondisi rumah, anda juga harus memperhatikan lingkungan sekitar rumah. Oleh karena itu, selain mempertimbangkan fisik rumah, pertimbangkan pula faktor kelengkapan fasilitas kawasan, kemudahan sarana transportasi, kemudahan akses serta keamanan dan kenyamanan lingkungan kawasan. Hal ini akan menentukan kenyamanan anda bertempat tinggal serta kenaikan nilai investasi rumah anda.

  1. Kunjungi  pameran property

Mengunjungi pameran – pameran property menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi anda yang akan membeli rumah untuk pertama kalinya. Anda akan mendapatkan informasi berbagai pilihan rumah sesuai kriteria anda dan sesuai kebutuhan anda, proses pembeliaan hingga prosedur pembayaran secara lengkap dan jelas. Anda juga bisa bertanya secara langsung serta mendapatkan informasi tentang kawasan perumahan dan spesifikasi bangunan dari developer – developer yang mengikuti pameran tersebut. Ini bisa dijadikan sebagia pertimbangan anda dalam menentukan rumah pertama anda yang sesuai dengan budget dan kebutuhan. 

 

Sumber