Share this:

Listrik bisa dibilang merupakan kebutuhan pokok setiap orang. Hampir setiap hari aktivitas yang kita lakukan pasti membutuhkan daya listrik sehingga listrik merupakan salah satu pengeluaran yang seringkali tidak kita sadari. Penghematan pemakaian menjadi salah satu hal yang harus dilakukan untuk menghindari tagihan listrik yang membengkak. Mungkin tips ini bisa efektif menekan pengeluaran listrik perbulannya, Yuk simak langkahnya :

  1. Kebiasaan menyalakan lampu disiang hari merupakan pemborosan. Matikan lampu di jam tertentu dan manfaatkanlah cahaya matahari untuk menerangi hunian di siang hari.
  2. AC meruapakan salah satu elektronik yang memakan daya listrik yang cukup besar, apalagi jika memasang suhu yang terlalu kecil. Ada baiknya saat hendak tidur gunakan timer AC sehingga AC bisa mati dengan sendirinya. Cara ini efektif untuk menghemat listrik lhoo
  3. Cabut semua kabel yang tidak digunakan. Sebagian orang terbiasa membiarkan listrik tetap terpasang saat alat elektronik tidak digunakan, contohnya seperti tv, charger. Kebiasaan ini akan membuang listrik hingga 30%.
  4. Pada saat malam hari biasakan untuk mematikan semua listrik dan peralatan elektronik, cukup hanya menyalakan lampu teras rumah sebagai penerangan. Kebiasaan ini akan sangat berpengaruh pada pengeluaraan listrik setiap bulannya.

Nah itu beberapa tips efektif agar pengeluaran listrik setiap bulannya tidak membengkak. Semoga tips ini bermanfaat untuk anda. Selamat mencoba