Share this:

Bercocok tanam dengan menggunakan sistem vertikultur merupakan solusi bagi anda yang ingin berkebun tapi hanya mempunya lahan atau pekarangan yang sempit. Teknik vertikultur ini bisa diterapkan dengan berbagai macam bahan seperti pipa pvc, bambu, botol bekas dan lainnya. Dengan memanfaatkan berbagai barang yang ada dirumah, anda sudah bisa berkebun di rumah anda dengan teknik ini. Contohnya memanfaatkan botol – botol bekas air mineral yang sudah tidak terpakai

Kebanyakan orang pasti memiliki botol – botol bekas yang ada dirumah. Memanfaatkan botol bekas sebagai media vertikultur adalah cara yang tepat untuk membantu menjaga lingkungan dengan mengurangi sampah dan memanfaatkannya menjadi barang yang lebih berguna. Daripada dibuang mending dimanfaatkan untuk hal yang lebih berguna bukan? Salah satu pilihan tanaman yang dapat dipilih untuk berkebun dirumah adalah tanaman sayuran. Berikut adalah alat dan bahan yang dibutuhkan serta cara menanam tanaman dengan teknik vertikultur di botol aqua.

Alat dan Bahan yang dibutuhkan :

  1. Botol bekas
  2. Tali yang kuat
  3. Paku untuk menggantung botol
  4. Benih sayuran yang akan ditanam
  5. Nutrisi untuk tanaman (pupuk dll )
  6. Media tanam

Cara membuat :

  1. Siapkan botol yang akan di gunakan
  2. Potong bagian bawah botol disesuaikan dengan kebutuhan tanaman
  3. Lubangin tutup botol untuk dijadikan tempat keluarnya air sisa penyiraman
  4. Lubangi bagian samping sebagai tempat tali gantungan. Rangkai botol dengan rangkaian sesuai selera anda.
  5. Masukan media tanam dan benih tanaman ke dalam botol plastik yang sudah dirangkai
  6. Setelah semua siap, gantung rangkaian pada tembok atau tempat yang sudah anda siapkan dengan paku yang kuat

Nah cara itu bisa anda coba untuk berkebun dirumah dengan memanfaatkan botol-botol bekas yang anda punya. Sebenarnya anda juga bisa memanfaatkan barang lain dirumah sesuai dengan eksplorasi dan kreatifitas anda. Mari berkebun dan Selamat mencoba.

 

Sumber