Share this:

Baja ringan saat ini menjadi pilihan favorit untuk konstruksi atap, menggantikan kayu dan baja konvensioan yang sudah dikenal luas biasa digunakan sebagai rangka atap. Kontruksi rangka atap dengan menggunakan baja ringan yang disusun sedemikian rupa telah banyak digunakan karena lebih efisien. Selain itu, rangka atap rumah yang menggunakan baja ringan terbukti lebih tahan lama serta lebih mudah perawatannyaa.  Sapphire grup juga menggunakan baja ringan sebagai rangka atap untuk setiap bangunan perumahannya. Berbagai keunggulan yang dimiliki oleh baja ringan sebagai kontruksi atap rumah. Yuk simak keunggulan konstruksi atap baja ringan.

  1. Tahan lama, Anti Keropos dan Anti Karat

Salah satu keunggulan dari konstruksi baja ringan yaitu daya tahannya yang kuat dari berbagai hal. Salah satunya adalah serangan rayap pada kerangka atap yang menggunakan kayu yang akan membuatnya mudah keropos. Dengan menggunakan baja ringan sebagai kerangka atap rumah anda, dipastikan rangka anti keropos dan lebih tahan lain. Baja ringan pun memiliki daya tahan terhadap karat yang bagus, meskipun berbahan metal. Oleh karena itu, rangka atap baja ringan memiliki usia pakai yang cukup panjang. Baja ringan juga masih bisa dimanfaatkan kembali, setelah dibongkar sehingga lebih ramah lingkungan.

Selain itu juga, pemeliharaan dan perawatan dari material konstruksi baja ringan terbilang sangat mudah yang tidak memerlukan pemeliharaan intens serta lebih hemat dibandingkan konstruksi lainnya. Hal ini bisa menghemat pengeluaran dalam jangka panjang.

  1. Hemat waktu pemasangan

Bobotnya yang ringan, juga bentuknya yang presisi dan konsisten membuat baja ringan jauh lebih singkat dalam proses instalasi atau pemasangan konstruksi baja ringan. Waktu yang diperlukan untuk pemasangan sekitar tiga hari hingga satu minggu tergantung tingkat kerumitan dan luasan atap. Hal ini dikarenakan proses penyambungan konstruksi baja ringan terbilang sederhana dengan baut, keling, atau las sehingga proses pemasangannya tidak terlalu sulit dan rumit. Bobot yang ringan juga mengurangi kesulitan selama proses konstruksi.

  1. Memiliki mutu dan kualitas yang seragam

Baja ringan diproduksi pabrik dengan standar mutu dan kualitas yang baik. Memiliki bentuk  yang seragam sehingga akan menciptakan struktur yang presisi ketika diaplikasikan dalam sebuah rumah.

  1. Memiliki kekuatan tarik yang tinggi namun ringan

Sifat baja ringan akan memudahkan proses trasnportasi dan konstruksi atap. Memiliki bobot yang ringan dan potensi beban mati yang kecil tidak mengurangi kekuatan tarik yang dimilikinnya sehingga konstruksi baja ringan cocok dipakai untuk atap yang memiliki konstruksi bentang yang cukup lebar atau besar.

    5. Tidak memiliki nilai susut atau muai

Baja ringan lebih tahan dalam menghadapi berbagai macam cuaca. Hal ini karena bahan dari baja tidak memiliki nilai susut dan nilai muai, sehingga apabila mendapatkan paparan suhu panas ataupun dingin akan lebih kuat. 

Nah itulah berbagai macam keunggulan dari baja ringan yang selalu menjadi andalan dalam sebuah konstruksi bangunan. 

 

 

Sumber