Share this:

Gerakan “Jateng di Rumah Saja” diterbitkan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang resmi berlaku pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 6-7 Februari 2020 melalui Surat Edaran No. 443.5/0001933 tentang Peningkatan Kedisiplinan dan Pengetatan Protokol Kesehatan pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Tahap II. Gerakan tersebut sebagai upaya pemerintah untuk mencegah dan menanggulangi pandemi Covid-19 Jawa Tengah. Berikut lima poin penting yang perlu kamu perhatikan:

  1. Tujuan

Esensi adanya gerakan “Jateng di Rumah Saja” adalah agar seluruh masyarakat di Jawa Tengah tetap tinggal di rumah atau tempat tinggal mereka dan tidak melakukan aktivitas di luar lingkungan rumah atau tempat tinggalnya masing-masing demi memutus transmisi dan menekan penyebaran pandemi covid-19

2. Waktu pelaksanaan.

Masyarakat dihimbau untuk tetap berada di dalam rumah selama Sabtu dan Minggu tanggal 6-7 Februari 2021.

3. Pelaksanaan

Gerakan ini dilaksanakan oleh semua kompenen masyarakat kecuali unsur yang berkaitan dengan sektor esensial seperti kesehatan, kebencanaan, keamanan, energi, komunikasi, dan teknologi informasi keuangan, perbankan, logistik, dan kebutuhan pokok, perhotelan, konstruksi, industri strategis, pelayanan dasar, utilitas publik, dan industri yang ditetapkan sebagai objek vital nasional.

4. Penutupan

Terdapat beberapa kegiatan yang akan ditutup diantaranya adalah car free day, jalan tertentu, toko/mall, pasar, destinasi wisata, pusat rekreasi, dan pembatasan hajatan dan pernikahan, serta kegiatan lain yang memunculkan potensi kerumunan.

5. Pengawasan

Mengenai pelaksanaannya, pemerintah dibantu oleh Satpol PP, TNI, dan Polri melalui operasi yustiti untuk melakukan pengawasan secara berkala agar gerakan ini dapat berjalan sesuai dengan tujuannya. 

Apakah kamu sudah siap dengan adanya gerakan tersebut? Sebenarnya kita akan siap jika kita betah di rumah. Beberapa hal yang membuat kita betah di rumah adalah adanya koneksi internet dan sistem keamanan yang memadai. Tentunya Sapphire Grup memberikan fasilitas free koneksi internet dengan jaringan tercepat yang bisa digunakan untuk streaming hiburan, maupun bekerja dari rumah. Ditambah lagi dengan sistem keamanan yang ketat sehingga membuat kita betah tinggal di rumah.