CARA CERDAS MEMILIH RUMAH DI PERUMAHAN

Membeli rumah idaman adalah impian semua orang. Memilih rumah yang baik tidaklah mudah, kita harus berhati-hati agar tidak salah langkah dan kecewa dikemudian hari. Membeli rumah diperumahan adalah salah satu alternatif bagi yang sedang ingin mencari rumah.

Saat ini banyak developer yang berlomba-lomba membangun perumahan, baik itu perumahan dalam bentuk cluster atau perumahan dengan berpuluh-puluh rumah. Selain pembangungan rumah, pengembang juga membangun fasilitas tambahan seperti ruko/toko dan fasilitas – fasilitas umum lainnya untuk menarik perhatian calon konsumennya.  

Untuk yang tertarik membeli rumah di kawasan perumahan, sebaiknya melakukan beberapa hal dibawah ini :

  1. Mencari informasi

Kamu harus mengumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang perumahan yang akan anda beli. Kumpulkan brosur-brosur promosi perumahan, dan cermati apa saja yang ditawarkan oleh developer tentang perumahan tersebut. Pastikan harga perumahan tersebut tepat untuk kantong anda. Perhatikan pula kemudahan akses dari perumahan itu dengan fasilitas-fasilitas umum sekitarnya.

  1. Survey

Setelah anda mencari informasi tentang perumahan itu dari brosur-brosur yang anda kumpulkan, langkah selanjutnya adalah dengan mendatangi rumah yang anda inginkan. Survey yang harus anda lakukan saat mendatangi rumah yang anda inginkan adalah dengan melihat

a. Posisi rumah

Posisi rumah akan menentukan harga rumah di sebuah perumahan. Perlu diketahui posisi hook atau pojokan ini sering jadi incaran banyak pembeli karena anda bisa mengembangkan rumahmu dengan ukuran yang lebih besar. Posisi rumah juga menentukan harga rumah yang anda akan beli.

b. Keamanan perumahan dan lingkungan rumah

Pastikan perumahan mempunyai fasilitas keamanan yang bagus atau cctv. Hal ini sangat penting karena rumah tersebut akan menjadi tempat tinggal untuk masa depan anda. Banyak perumahan yang masih belum memiliki fasilitas ini. Selain itu pastikan lingkungan perumahan yang akan anda beli aman serta nyaman untuk keluarga dengan fasilitas umum yang memadai. Apakah lingkungan cukup kondusif untuk tumbuh kembang anak-anak.

c. Harga rumah

Anda harus teliti saat bertanya tentang harga rumah yang akan anda beli kepada developer. Anda dapat bertanya apakah developer sudah memiliki kerja sama dengan bank untuk kepengurusan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR). Biasanya kepengurusan KPR di bank yang menjadi langganan developer akan memudahkan anda mendapatkan fasilitas KPR. Selain itu anda juga bisa bertanta tentang apakah harga rumah sudah termasuk PPN 10% dan biaya-biaya lainnya.

d. Status rumah

Rumah yang disediakan pengembang biasanya ada 2 pilihan. Rumah ready stock (siap huni) dan rumah inden (pembelian dengan cara memesan atau membayar lebih dulu). Rumah ready stock adalah rumah yang sudah jadi dan siap ditempati. Anda bisa melihat langsung bagaimana kondisi bangunan sehingga bisa langsung menempati jika anda memang tertarik membeli. Sementara untuk rumah inden, anda hanya bisa memilih lokasi dari gambar setplane perumahan dan menunggu proses pembangunan rumah tersebut.

e. Lokasi

Selain keamanan, lokasi rumah menjadi patokan saat anda akan membeli rumah. Apakah akses nya dekat dengan berbagai fasilitas publik atau tidak, juga apakah dekat dengan tempat anda bekerja. Lokasi rumah pun juga berpengaruh dengan harga jual rumah anda nantinya. Membeli rumah bukan hanya untuk hunian juga investasi jangka panjang. Semakin strategis rumah yang akan anda beli, maka semakin tinggi pula nilai investasinya.

  1. Pembayaran

Anda harus menanyakan tentang pembayaran pembelian rumah tersebut. Pembayaran hanya bisa dilakukan dengan cara cash atau bisa dengan KPR. Biasanya semua developer sudah menyediakan cara pembayaran dengan KPR guna memudahkan konsumennya. Bertanyanya lebih detail proses KPRnya juga syarat-syarat KPR nya kepada developer.

            Setelah segala informasi telah didapat tentang rumah idaman anda. Anda harus mempertimbangkan dan membandingkan nya sebelum anda membeli rumah tersebut, agar impian anda memiliki rumah idaman bisa terlaksana.

 

Sumber