Tips Investasi Untuk Meningkatkan Nilai Jual Properti

sapphire grup 52Banyak orang memilih properti sebagai sebuah investasi ketimbang produk lainnya. Karena permintaan akan hunian tinggal terus mengalami pertumbuhan. Nilai jualnya pun terus meroket. Melihat potensi itu, sebagian masyarakat pun menjadikannya sebagai peluang bisnis yang menguntungkan. Beberapa pengamat mengatakan, investasi di dunia properti saat ini adalah timing yang tepat. Karena pertumbuhan dan perekonomian Indonesia semakin membaik.
[pullquote style=”right”]Memiliki properti yang sesuai keinginan adalah impian bagi setiap keluarga. Apalagi properti tersebut memiliki keunggulan dari lokasi dan fasilitasnya.[/pullquote] Ditambah lagi rendahnya suku bunga perbankan yang kian mudah dijangkau konsumen. Bisnis properti merupakan investasi jangka panjang dan memiliki potensi bisnis yang menjanjikan. Guna mendapatkan properti yang baik, informasi yang matang jadi santapan bagi pebisnis properti. Berinvestasi di properti, butuh beberapa hal yang mesti diperhatikan. Berikut ini point penting yang harus diketahui untuk memulai berinvestasi lewat properti. Tujuannya adalah untuk menghindari kesalahan ataupun sesuatu yang tidak diinginkan.

Pilih Lokasi Terbaik Untuk Investasi

Untuk menemukan properti terbaik untuk investasi, seringkali dibutuhkan waktu yang tidak sedikit. Selain waktu, juga perlu adanya suatu jaringan yang bisa membantu menemukan properti anda inginkan, selain mencari sendiri. Cari informasi sedetail mungkin mengenai lokasi properti tersebut. Mulai dari aksesnya yang strategis. Hingga keunggulan fasilitas pendukung yang dimiliki properti itu. Cara cepat mendapatkan informasi tersebut, dapat di akses lewat media internet. Banyaknya situs yang menawarkan properti menjadi pilihan tersendiri. Lewat internet juga, informasi mengenai developer sebagai pengembang dapat diketahui secara detail. Bantuan tersebut mampu memberi pencerahan untuk mempertimbangkan langkah selanjutnya ketika ingin memulai berinvestasi di properti.

Informasi lengkap lainnya dapat diperoleh lewat agent property dan perbankan yang menawarkan harga, dan keungguan properti itu, ataupun sistem pembayarannya. Keduanya mampu memberikan pilihan properti terbaik yang diinginkan. Selain menjadi rekomendasi, membeli properti melalui jasa agency adalah cara yang paling aman saat ini.

Tentukan Harga Yang Tepat

Setelah berhasil menemukan properti yang diinginkan, maka berikutnya yang perlu dilakukan adalah proses negosiasi. Hal ini dapat dilakukan jika penjualnya melalui perorangan. Tapi tidak menutup kemungkinan, harga yang diberikan pengembang pun juga dapat dinegosiasikan. Tawar menawar itu bisa berbentuk diskon dan sistem pembayaran, seperti jangka waktu yang disepakati. Dengan tujuan, dapat memberikan keringanan pembeli saat bertransaksi.

Pilih pembiayaan yang tepat

Setelah berhasil bernegosiasi kepada penjual properti, maka selanjutnya proses pembiayaannya. Sistem ini dapat dilakukan melalui perbankan yang menyesuaikan kemampuan finansial. Kemampuan mengumpulkan dana akan membuat investasi berkembang tidak hanya sebatas kemampuan dana sendiri. Dengan memanfaatkan dana orang lain, besarnya investasi akan semakin berkembang, sehingga ada factor leverage di sini. Dengan kecepatan mendanai properti tersebut, ada keuntungan dibalik itu. Jika berniat untuk dijual kembali, tentu akan mudah mendapatkan keuntungan.

Properti untuk disewakan atau di jual kembali

Lain halnya jika berkeinginan untuk menyewakan. Bagi yang ingin mengembangkan properti dengan cara menyewakan, maka butuh sentuhan berupa renovasi penambahan estetika ada dalam hunian tersebut. Gunanya untuk meningkatkan harga sewa. Nilai sewa pun akan menyesuaikan dengan apa yang telah dilakukan. Seperti contoh hunian yang telah direnovasi tentu akan memberikan nilai jual yang tinggi ketimbang hunian yang masih standar. Selain mendapatkan sewa properti setiap bulannya, nilai jual properti tersebut juga dengan sendirinya akan mengalami kenaikan. Tidak ada sejarahnya bahwa nilai jual properti seken akan lebih murah dari harga beli pada waktu awal. Justru akan terus meninggi.

Umumnya para investor properti jeli mengamati perkembangan industri properti. Jika timing yang tepat untuk membeli dan menjual properti, pasti mereka melakukan riset terlebih dahulu. Kelayakan nilai jual suatu properti itu akan tumbuh dapat terlihat jelas dengan perkembangan properti disekitarnya. Apalagi lokasi itu merupakan kawasan emas yang diminati banyak orang. Pasti kenaikan harga property tersebut akan diluar dugaan. Berinvestasi di properti pun jadi sesuatu daya tarik tersendiri.

Sumber