Share this:

Pagar rumah menjadi salah satu komponen yang dapat ditemui disuatu rumah. Kebanyakan orang saat ini menggunakan pagar untuk rumahnya. Berbagai alasan keamanan hingga keindahan rumah digunakan para pemilik rumah. Desain pagar, ukuran dan material harus disesuaikan dan dipilih dengan baik agar tampilan rumah tak hanya menarik tetapi juga tetap mempertahankan fungsinya.

Dalam mendesain pagar rumah harus menyesuaikan model pagar dengan gaya arsitektur rumah agar terasa menyatu dengan konsep bangunan rumah itu sendiri adalah hal yang penting. Saat ini banyak jenis dan model pagar yang tersedia di pasaran. Nah Sapphire ingin memberikan informasi tentang tipe – tipe pagar yang bisa dijadikan referensi untuk pagar rumah anda.

Pagar kayu

Pagar kayu menjadi salah satu jenis pagar yang cukup diminati bagi sebagian besar orang. Menggunakan kayu sebagai pagar rumah akan memberikan kesan natural dan ramah lingkungan. Pagar kayu juga bisa dimodifikasi berbagai macam bentuk sehingga akan menambah nilai estetika pada rumah anda.  Namun, kelemahan pagar yang berbahan dasar kayu adalah cepat keropos karena rayap sehingga pemilihan bahan dasar kayu yang baik menjadi poin penting. Selain itu juga harus diberi obat anti rayap dan  melapisi permukaannya dengan cat anti air.

Pagar besi dan baja ringan

Pagar besi dianggap sebagai bahan untuk pagar yang lebih kuat dan tahan lama. Selain itu juga biaya untuk perawatannya lebih terjangkau. Pagar besi banyak dipilih karena dianggap lebih banyak variasi dan membawa kesan yang lebih modern. Pagar besi juga bisa tak lekang oleh waktu. Dalam segi kemananan, pagar besi dianggap memiliki tingkat keamanan yang baik untuk dijadikan pagar rumah. Selain bahan dasar besi, baja ringan juga bisa dijadikan pilihan untuk dijadikan pagar. Baja ringan memiliki berat yang lebih ringan dan anti karat

Pagar batu alam

Batu alam banyak dijadikan sebagai komponen untuk menghias rumah. Selain dinding rumah, batu alam juga bisa dijadikan sebagai komponen untuk pagar rumah. Pagar rumah dengan batu alam akan memberikan kesan natural dan alami. Selain itu batu alam memiliki berbagai macam jenis dan model yang dapat dipilih sesuai dengan konsep rumah anda.

Beberapa contoh pagar diatas bisa dijadikan referensi untuk pagar rumah anda. Semoga bermanfaat.