Survey: Rumah Berantakan Jatuhkan Pasaran!

sapphire grup 100KOMPAS.com – Bukan hanya luas tanah dan kondisi rumah menjadi penentu harga saat Anda akan menjual rumah. Ada beberapa hal sebaiknya Anda perhatikan sebelum menjualnya.

Beberapa hal itu, terutama jika ada calon pembeli ingin mengunjungi rumah Anda dan melihat keadaannya. Berikut ini beberapa hal yang sebaiknya dihindari dan diperhatikan di rumah Anda:

Rumah berantakan

Dailymail.co.uk mempublikasikan fakta mengejutkan, bahwa kamar anak Anda yang tidak rapi dapat menurunkan harga rumah. Di Inggris, hanya karena kamar anak berantakan, harga rumah Anda dapat jatuh sampai 8.000 pound sterling.

Selain itu, ada beberapa hal kecil lain yang bisa membuat harga rumah Anda jatuh. Seperti misalnya, Dailymail juga mengungkapkan, bahwa bulu-bulu hewan peliharaan yang tersisa di rumah Anda pun mempengaruhi keinginan calon pembeli rumah sampai 30 persen. Sementara kamar mandi yang berbau mengurangi keinginan pembeli sampai 65 persen, sedangkan dapur yang kotor dapat mengurangi kemungkinan calon pembeli untuk membeli rumah sampai 59 persen.

Survei tersebut membuktikan, dua dari lima calon pembeli memutuskan untuk tidak jadi membeli rumah setelah melihat kamar anak yang berantakan. Sebanyak 71 persen dari mereka “menggunakan” kamar yang berantakan sebagai cara untuk menawar harga jauh lebih murah. Mayoritas pembeli akan memotong penawaran mereka rata-rata sampai 5 persen, kira-kira sebesar 8.000 pound sterling. Bahkan, ada juga yang sampai 30 persen. Taman yang berantakan bahkan bisa mengurangi harga sampai 19 persen.

Survei dari 1000 orang untuk penyedia hipotek ING Direct menemukan, bahwa beberapa calon pembeli bahkan akan menolak membeli rumah jika warna-warna di rumah Anda bertabrakan (16 persen), Anda memajang karya seni yang tidak menarik (9 persen), dan memasang gorden jaring (8 persen).

Tergantung pemilik

Pada kenyataannya, bukan hanya kondisi rumah penyebab para calon pembeli tidak jadi membeli rumah Anda. Lebih dari setengah calon pembeli, yaitu sebanyak 58 persen, mengatakan, bahwa pemilik lama yang tidak sopan dan berlaku kasar adalah alasan mereka tidak jadi membeli rumah.

“Para orang tua yang ingin menjual rumah harus memikirkan efek yang dapat dihasilkan oleh kamar anak-anak yang tidak rapi pada penawaran mereka,” kata Direktur Eksekutif ING, Richard Doe.

“Walaupun kekacauan tersebut tidak akan benar-benar menghalangi calon pembeli untuk membeli rumah Anda, namun tampaknya hal ini berpengaruh pada biaya yang rela mereka bayar,” tambahnya.

Sebaiknya, Anda…

Sebelum menjual rumah Anda dan menampilkannya kepada para calon pembeli rumah, sebaiknya Anda melakukan beberapa hal ini:

– Membersihkan rumah Anda

– Pastikan saluran air, listrik, dan perlengkapan lainnya dapat berfungsi dengan baik.

– Cobalah mempercantik rumah dan bereskan taman Anda.

– Intinya, tampilkan rumah Anda dengan sebaik mungkin.

Sumber