Sebelum Menyesal Menyewa Arsitek, Perhatikan 7 Hal Ini!


sapphire grup 11KOMPAS.com
– Banyak orang memilih untuk menyewa seorang arsitek, saat mereka memiliki keterbatasan untuk membangun atau merenovasi rumah. Ada pula orang-orang yang hanya ingin proyek mereka ditangani oleh profesional.

Ketika tiba saatnya untuk memutuskan apakah akan menyewa arsitek atau tidak, Anda perlu memperhatikan hal-hal penting di bawah ini.

Memahami kerja arsitek

Menyewa arsitek profesional dalam kapasitas tertentu, terkadang harus dengan pikiran terbuka. Bagaimanapun juga, ketika sudah memutuskan menyewa seorang arsitek, Anda harus memahami fleksibilitas yang dibutuhan.

Arsitek telah terlatih secara profesional yang menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mempelajari regulasi bangunan, desain interior dan eksterior, integritas struktural, dan lain-lain.
Oleh sebab itu, meski Anda memiliki konsep tersendiri, Anda harus terbuka terhadap saran-saran dari arsitek.

Butuh waktu

Untuk memastikan proyek selesai dengan baik, Anda harus rela menunggu. Bahkan seringkali proyek lebih lama dari yang Anda harapkan.

Oleh sebab itu, Anda harus membuat jadwal untuk memastikan proyek tidak berjalan terlalu lama. Hal-hal yang menyangkut izin bangunan harus ditentukan sebelum proyek dijalankan.

Seimbangkan anggaran

Proyek yang terlalu molor dari jadwal, dapat mengakibatkan anggaran yang Anda keluarkan lebih banyak. Pastikan untuk mengatur anggaran sejak awal. Tanyakan juga kepada arsitek apakah ia tetap bisa bekerja saat ada kendala.

Tanyakan orang terdekat

Karena proyek bisa berjalan dalam jangka waktu lama, menyewa arsitek berarti Anda akan bekerja sama dengannya dalam waktu yang tidak sebentar pula. Artinya, Anda harus nyaman saat bekerja dengan arsitek sebagai tim yang profesional.

Sebelum menyewa seorang arstiek, tanyakan rekomendasi orang terdekat Anda dan mintalah hasil desainnya.

Rumah Anda pasti berantakan

Arstiek, bagaimanapun juga pasti akan menghancurkan rumah Anda sebelum membangunnya kembali. Pastikan untuk membahas proyek pembongkaran dan bagaimana pengaruhnya terhadap timpat tinggal Anda. Apakah Anda harus pindah untuk sementara waktu, atau bagaimana arsitek mengatasi kebisingan akibat pembangunannya?

Perubahan rencana

Banyak hal yang nantinya akan berubah dari rencana awal, sepanjang perjalanan proyek Anda. Sebelum menyewa arsitek, pastikan Anda telah berdiskusi terlebih dahulu soal perubahan yang mungkin akan ada selama proyek berjalan. Anda juga harus memastikan arsitek selalu mengonfirmasi terkait perubahan anggaran sebelum perubahan rencana.

Komunikasi

Sebelum tanda tangan kontrak dengan arsitek, Anda perlu menentukan cara yang tepat untuk memelihara komunikasi dengannya. Buatlah jadwal tertentu untuk berkomunikasi dengan arsitek. Hal ini untuk memastikan waktu proyek Anda berjalan sebagaimana mestinya.
Komunikasi juga berfungsi untuk mengurangi tekanan antara Anda dengan arsitek.

Sumber

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *