Sebelum Membeli Rumah, Perhatikan Lingkungan Sekitarnya

sapphire grup 9KOMPAS.com– Saat Anda tengah mencari tempat tinggal, penting untuk mengingat bahwa Anda tidak hanya membeli atau menyewa rumah, tetapi juga membeli dan menjadi bagian dari satu lingkungan.

Orang-orang yang sering berpindah tempat pasti mengetahui bahwa tidak semua tetangga diciptakan sama. Tidak ada ada lingkungan yang sempurna. Tidak ada area yang cocok secara sempurna untuk semua orang karena kebutuhan setiap orang berbeda.

Meski begitu, terdapat komponen umum yang membuat lingkungan terasa nyaman.

Kecocokan gaya hidup

Lingkungan yang nyaman, salah satunya adalah yang seimbang dengan gaya hidup Anda sekarang. Baik menyewa maupun membeli rumah, Anda cenderung tertarik dengan area yang memiliki kemiripan secara demografi.

Lingkungan tidak sesuai dengan gaya hidup, misalnya saat Anda memiliki tiga anak mendapati rumah kondominium kecil di tengah kota.

Bangga saat memiliki rumah

Semua lingkungan yang nyaman, diisi oleh orang-orang yang bangga terhadap rumahnya. Mereka biasanya mengurus dan peduli atas keberlangsungan rumahnya sehingga lingkungan lebih rapi dan bersih. Apalagi, saat orang-orang ini terhubung satu sama lain, mereka akan berusaha menciptakan lingkungan yang lebih baik.

Tingkat kriminalitas rendah

Angka kriminal yang rendah memberikan nuansa damai terhadap satu lingkungan. Karena keamanan adalah poin utama bagi semua orang, kriminal merupakan cara yang singkat untuk menentukan apakah lingkungan tersebut berkembang dengan baik atau tidak.

Sekolah

Untuk Anda yang telah memiliki anak, sekolah merupakan hal terpenting di dalam suatu lingkungan. Studi yang dilakukan Trulia menunjukkan, bahwa sekolah terbaik, menunjukkan lingkungan nyaman. Tidak hanya penting bagi anak-anak, sekolah juga membuat nilai properti tinggi.

Aktifitas luar ruangan

Dekat dengan kegiatan outdoor yang disukai, dapat meningkatkan daya tarik lingkungan. Area yang memiliki lapangan untuk berolahraga, kolam untuk memancing, atau zona bersepeda dapat menjadi pertimbangan Anda untuk membeli atau menyewa suatu rumah.

Akses kesehatan

Akses ini penting baik untuk Anda, maupun penghuni lingkungan lainnya. Dekat dengan rumah sakit, klinik, atau praktik dokter dapat menjadi kunci seseorang betah di suatu lingkungan.

Tetangga bersahabat

Banyak keluarga yang tinggal dalam satu lingkungan adalah gambaran nyata bagi Anda yang telah memiliki anak. Hal tersebut memberi kesempatan bagi anak-anak Anda untuk bermain bersama, bersosialisasi dan berteman dengan anak lainnya dalam waktu yang lama.

Transportasi publik

Kemudahan akses pada transportasi publik adalah keuntungan tersendiri. Bagi Anda yang tidak ingin menggunakan kendaraan pribadi, transportasi umum adalah pilihan sempurna.

Pusat perbelanjaan dan restoran

Tidak hanya dekat dengan akses transportasi, lingkungan yang dilengkapi dengan pusat perbelanjaan dan restoran juga seringkali diburu oleh pembeli atau penyewa rumah, termasuk Anda bukan?

Hiburan

Pusat kota identik dengan bioskop, bar, dan kehidupan malam. Oleh sebab itu, banyak penghuni yang cenderung mencari rumah dekat dengan pusat kota, karena mencari hiburan tersebut. Ditambah lagi, jika Anda masih mudah dan lajang.

Akses pejalan kaki

Meninggalkan kendaraan di rumah dan berjalan kaki menuju pusat perbelanjaan, restoran, taman dan fasilitas lainnya di lingkungan rumah, mampu mengurangi tekanan di sepanjang jalan.

Sumber

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *