Share this:

Akhir tahun merupakan saat yang tepat untuk membawa keluarga berlibur dan menghabiskan waktu bersama. Namun, satu hal yang membuat khawatir saat liburan dengan keluarga dalam jangka waktu yang lama adalah keamanan rumah. Apalagi saat ini banyak kejadian perampokan rumah kosong yang ditinggal pemiliknya. Nah berikut tips yang dapat dilakukan oleh anda agar rumah tetap aman selama ditinggal liburan.

  1. Pastikan jendela dan pintu terkunci dengan baik

Hal yang paling penting saat anda meninggalkan rumah adalah memastikan pintu dan jendela terkunci dengan baik. Lebih baik pasang teralis di setiap jendela rumah anda. Hal ini akan mencagah maling bisa masuk lewat jendela.

  1. Nyalakan lampu di beberapa bagian rumah

Supaya rumah terkesan berpenghuni, anda bisa menyalakan lampu di beberapa bagian rumah seperti ruang tamu dan teras. Jika perlu anda bisa membeli lampu bersensor cahaya yang bisa otomatis menyala disore hari dan padam di pagi hari. Hal ini akan mengecoh maling untuk tidak

  1. Gunakan CCTV dan Alarm dirumah anda

Jika anda memiliki rumah yang cukup luas dan memiliki budget lebih, tidak ada salahnya anda memasang CCTV di beberapa titik vital rumah anda juga memasang alarm tanda bahaya di rumah anda. Saat ini anda bisa memantau keadaan rumah anda lewat smartphone yang terhubung langsung dari CCTV sehingga anda bisa memantau kondisi rumah anda 24 jam.

  1. Menitipkan rumah pada tetangga

Menitipkan rumah anda ke tetangga terdekat anda sebelum bepergian bisa menjadi alternatif pilihan yang bisa dilakukan. Anda bisa meminta bantuan untuk mengawasi keadaan rumah selama anda pergi. 

  1. Simpan barang barang berharga

Jangan pernah membiarkan barang berharga tidak tersimpan dengan aman selama anda pergi. Simpan semua barang berharga dan surat-surat berharga anda didalam brankas khusus dengan kunci atau nomor password yang sulit untuk di bobol.

Beberapa langkah ini bisa anda lakukan saat anda berencana untuk liburan dengan keluarga dan meninggalkan rumah kosong. Liburan tentu akan lebih tenang apabila rumah aman kan? Semoga langkah langkah diatas dapat membantu anda agar rumah tetap aman saat ditinggal liburan. Selamat mencoba.