Rumah Anda Butuh 4 Hal Penting Ini Sepulang Mudik

IMG_20140826_094422(1)

Lebaran baru saja usai. Tidak semua Anda mudik pada liburan tahun ini. Namun bagi mereka yang meninggalkan rumah untuk beberapa hari lamanya, apalagi tanpa ada yang menunggui rumah, tentu perlu untuk melakukan beberapa pekerjaan ekstra, membereskan rumah. Apalagi Anda yang punya pembantu rumah tangga namun beliau belum kembali dari mudiknya.

Nah, lantaran banyak hal yang harus Anda lakukan di rumah dalam kondisi Anda yang mungkin lelah dan capek usai perjalanan mudik, lakukan dahulu beberapa hal utama yang penting. Berikut ini, 4 hal penting yang harus  Anda lakukan terlebih dahulu di rumah Anda.

Lancarkan sirkulasi udara

Anda meninggalkan rumah dalam keadaan semua pintu dan jendela tertutup bukan? Jika itu berlangsung selama beberapa hari apalagi hingga seminggu maka yakinlah, udara dalam rumah Anda akan pengap dengan aroma yang mungkin tidak sedap. Maka, bukalah pintu dan jendela, nyalakan AC atau kipas angin untuk membantu sirkulasi udara di dalam rumah. Ya, kalau Anda tiba di rumah pada malam hari, segera lakukan ini pada pagi harinya.

Periksa listrik, lampu dan air

Sambungan listrik Anda, pastikan bekerja dengan baik. Jangan lupa, belakangan kebanyakan rumah menggunakan listrik isi ulang atau voucher, pastikan persediaan pulsa listrik Anda masih cukup atau segera isi ulang. Juga, nyalakan semua lampu dan pastikan semua berfungsi dengan baik. Keran air pun perlu Anda cek, karena bisa saja mengalami gangguan setelah ditinggal beberapa lama.

Cek persediaan logistik

Anda pasti butuh makan dan minum setelah pulang mudik. Masalahnya adalah, apakah persediaan logistik untuk urusan dapur masih cukup? Juga periksa apakah persediaan gas Anda masih cukup? Jika tidak, bergegaslah menyiapkannya karena Anda butuh energi untuk melanjutkan aktifitas beres-membereskan rumah.

Bersihkan debu dan kotoran

Jakarta atau kota-kota besar lainnya adalah produsen debu dengan tingkat populasi yang tinggi. Rumah Anda yang kosong beberapa waktu lamanya pasti menjadi tempat yang nyaman bagi debu-debu itu. Bersihkan dulu bagian-bagian yang penting seperti sofa, meja di ruang tamu, barulah bagian bawahnya yakni lantai dan karpet, jika ada.

 

sumber: rumah123.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *