Pilah Pilih KPR Bank: Cermat Itu Emas!

DCF 1.0Pelanggan itu raja. Barangkali Anda bosan mendengar pepatah lama itu. Tapi, sungguhpun terkesan kuno dan usang, pepatah itu tetap klop terhadap kondisi sekarang. Juga dalam relasi bank dengan nasabah. Terlebih lagi dalam hal kredit konsumsi yang diguyurkan bank ke nasabah. Di situ, nasabah bagai raja yang sangat dimanjakan bank.

Ingin bukti? Baiklah, kita melongok ke KPR (Kredit Kepemilikan Rumah)  yang dikeluarkan banyak bank. Di sini hampir semua bank gencar meluncurkan fasilitas yang memanjakan pelanggan. Di awal tahun lalu, kita masih ingat bahwa perbankan berlomba menawarkan bunga rendah bagi nasabah KPR. Saat itu, sejumlah bank bahkan menawarkan bunga di bawah 10% untuk tahun pertama.

Kini suku bunga memang tengah naik. Bank tak lagi memberikan bunga rendah untuk KPR-nya; musim jorjoran bunga murah bisa dikatakan telah usai—mungkin untuk sementara. Namun, bukan berarti bank berhenti menawarkan fasilitas yang memanjakan nasabah KPR.

Satu buktinya, belakangan perbankan ramai menawarkan fasilitas yang memungkinkan nasabah hanya membayar bunga di waktu tertentu, dan menunda pembayaran cicilannya. Ada pula fasilitas yang memungkinkan nasabah menarik kembali sebagian cicilan yang telah dibayarkan. Pun, sebagian bank memberikan fasilitas kredit rekening koran yang berisi sejumlah dana. Dana itu bisa ditarik sekaligus atau sebagian; bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Apapun bentuknya, fasilitas-fasilitas tersebut bertujuan memberi keleluasaan mengatur keuangan bagi nasabah.

Namun, ada baiknya bila calon nasabah mencermati fasilitas-fasilitas tersebut. Bila sudah menjadi nasabah KPR yang menggunakan fasilitas-fasilitas tersebut, gunakanlah sesuai dengan kebutuhan. Sebab, kalau tak teliti, bisa saja fasilitas tersebut mendatangkan kerumitan. Misalnya saja, bukankah bisa suatu saat nasabah harus membayar sekaligus dalam jumlah besar?

Bukan berarti nasabah berpenghasilan tetap tak patut menggunakan KPR tersebut. Ada faktor yang memungkinkan. Misalnya, kalau mendapat penghasilan tambahan seperti bonus dari perusahaan, bukankah mereka juga bisa membayar sekaligus dalam jumlah besar?

Jadi, bagi calon nasabah, mencermati penawaran adalah kata kunci. Satu hal lagi: lewat fasilitas-fasilitas itu, bank ingin memberikan pilihan terhadap calon nasabah. Nah, selamat membeli rumah lewat KPR. rumah123.com