Pengaruh Kenaikan Harga Dolar Terhadap Properti di Indonesia

… Nilai tukar Rupiah terhadap dolar AS telah tertekan sekitar 14 persen sepanjang 2015.

Apa yang terjadi pada properti di indonesia jika harga dolar naik…?

agust2015

   Terperosoknya nilai tukar Rupiah membuat harga jual properti akan memberikan dampak terhadap penurunan permintaan hunian. Lah kalo harga nya mahal nanti yang pesen rumah siapa lagi selain orang orang kelas atas saja yang bisa beli rumah? Sedangkan kelas bawah hanya bisa tercengung melihat harga harga jual properti yang melambung trus setiap tahun nya. Siapa sih yang bertanggung jawab kalau harga jual properti naik??

   Pemerintah pun tidak sanggup untuk mengendalikan kenaikan harga properti yang sudah sangat tinggi, mengapa? karena semua itu diserahkan pada mekanisme pasar yang ada. Ketika mekanisme pasar dikuasai oleh para pengembang, harga pun relative diatur oleh para pengembang dan tak murni lagi berdasarkan mekanisme pasar. Logika nya seperti itu, jadi kenaikan harga yang ada relative sebagai harga semu.

  • Efek Terhadap Pengembang Kelas Atas

Saat ini kebutuhan rumah kelas atas sangat menurun dikarenakan besarnya pasar menengah kebawah. Ditambah dengan adanya kenaikan harga dolar jadi banyak juga developer yang membangun rumah menengah kebawah lantaran biaya yang dikeluarkan tidak akan terlalu besar dan permintaan masyarakat juga besar. Namun sisi positif dari penguatan harga dolar ini adalah sekarang mereka sudah banting stir membangun rumah murah karena membangun rumah mewah untuk saat ini pastinya sangat beresiko.

 

  • Efek Terhadap Pengembang Kelas Menengah kebawah

… Kalau para pengembang kelas atas beralih ke rumah murah, apakah tidak akan mengancam para pengembang kelas menengah ke bawah?
Tentu saja tidak, pasar mereka berbeda dengan pengembang kelas menengah ke bawah karena pengembang kelas atas pasarnya jelas, mereka condong membangun rumah yang modalnya lebih besar. untuk rumah dengan modal yang tidak begitu banyak, tidak akan disentuh oleh pengembang kelas atas.

 

  • Bagaimana Sikap Para Pengembang Ketika Harga Dollar Naik?

– Meskipun nilai dolar terus naik, sepertinya bisnis properti di Indonesia akan terus bertahan dan tumbuh seperti biasanya. Memang dengan naiknya dolar berdampak negatif terhadap semua bisnis di Indonesia termasuk bisnis properti yang menyebabkan pengembang properti harus mengeluarkan dana yang tambah besar untuk membeli bahan-bahan bangunan rumah yang nantinya akan dijual di pasar bisnis properti. Tapi bisnis properti merupakan bisnis jangka panjang yang masih sangat besar kemungkinannya untuk tetap menghasilkan untung yang sangat besar sekalipun sekarang keadaan ekonomi di Indonesia sedang dalam fase siaga dan waspada. Artinya sudah melampaui fase hati-hati tapi belum sampai ke fase bahaya.

– Kita harus meyakini bahwa siklus pelemahan dan penguatan mata uang khususnya dolar ini merupakan siklus alamiah yang suatu saat pasti akan terus berubah dan berputar. Artinya siklus ini tentu akan berubah dan bangkit pada waktunya nanti tinggal kita sabar menunggunya. Jadi untuk para pebisnis di bidang properti tidak harus khawatir dan panik akan adanya fluktuasi ekonomi yang sedang memburuk ini, karena dalam setiap masalah pasti ada hikmahnya. Kita harus percaya kalau nanti perekonomian khususnya di Indonesia akan mengalami perubahan menjadi lebih baik lagi dan dapat menguntungkan bagi setiap kalangan terutama para pebisnis di Indonesia.

sf126366_gb

– Jadi janganlah kita terus-terusan mengeluh dan menyalahkan keadaan krisis ekonomi yang sedang memburuk ini. Hal ini sebenarnya bukanlah yang pertama, karena seperti yang telah kita alami saat krisis 98 lalu yang menyebabkan nilai rupiah anjlok sampai angka 17.000. Mungkin itu adalah hal yang akan terjadi sekali seumur hidup dan kita tidak bisa membayangkan betapa terguncangnya seluruh kalangan masyarakan di Indonesia pada saat itu. Tapi setelah krisis ekonomi yang mengerikan di tahun 98 itu, banyak bermunculan orang kaya baru dan pengusaha sukses baru. Nah, Inilah saatnya kita untuk berpikir bagaimana bisa menciptakan peluang bisnis baru khususnya di bidang properti.

 

dikutip dari: urbanindo.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *