Pemerintah Siap Bangun 1000 Rumah Untuk Wartawan

sapphire grup 26Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) saat ini sudah mulai melirik kebutuhan rumah untuk non-PNS. Seperti perumahan untuk para kuli tinta atau wartawan. Melalui pers rilis yang dikirimkan kepada Rumah123.com, Kemenpera direncanakan akan membangun sekitar 1.000 rumah bagi para wartawan di selatan Jakarta lebih tepatnya di daerah Citayam, Depok. Proyek pembangunan rumah tersebut direncanakan akan rampung dalam waktu enam bulan mendatang.

Seperti yang diungkapkan Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) Djan Faridz, pembangunan perumahan bagi wartawan merupakan salah satu arahan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. “Pasalnya, selama ini Presiden melihat kinerja wartawan sangat berat yakni bagaimana mereka harus mencari berita yang harus ditayangkan kepada masyarakat luas selama 24 jam,” ungkapnya di Jakarta, Rabu (4/4).

Lebih lanjut Menpera Djan Faridz, mengungkapkan pihaknya akan menunjuk Perumnas untuk membangun perumahan wartawan. “Nantinya lokasi perumahan ini akan berada dipusatkan di daerah Citayam, Depok,” tandasnya.[pullquote style=”right”]Nah, untuk dapat memperoleh rumah ini, akan diberikan beberapa kemudahan. Besar uang muka diusahakan maksimal 10 persen dari harga rumah.[/pullquote]Harga tanah yang telah ditawarkan ke Kemenpera sekitar Rp100.000 per meter persegi.  Berdasakan perhitungan Kemenpera, biaya untuk pembelian tanah yang diperlukan adalah Rp 10 juta. Harga bangunan rumah sekitar Rp25 juta dan sedikit keuntungan untuk pengembang. Rumah untuk wartawan ini direncanakan harganya Rp45 juta dengan cicilan sekitar Rp300.000 hingga Rp400.000.

Nah, untuk dapat memperoleh rumah ini, akan diberikan beberapa kemudahan. Besar uang muka diusahakan maksimal 10 persen dari harga rumah. Lalu, apabila para wartawan sudah di cover oleh Jamsostek. “Diharapkan Jamsostek bisa ikut membantu penyediaan uang muka tersebut,” tambah Menpera Djan Faridz.

Pembangunan proyek perumahan ini menurut Menpera Djan Faridz, diharapkan bisa selesai dalam waktu enam bulan mendatang. Kalau jumlahnya tidak terlalu banyak Kemenpera juga akan menggandeng “Kementerian BUMN untuk minta CSR dari BUMN untuk pengadaan perabot rumah tangga,” ucapnya.

Semoga rencana pemerintah untuk membangun perumahan bagi wartawan segera terealisasi. Dan, kedepannya pemerintah juga memikirkan perumahan-perumahan untuk kalangan lainnya.

Sumber