Nih… Agar Lebih Mudah Berburu Rumah!

sapphire grup 58Mencari rumah sama halnya dengan “berburu” pasangan hidup. Selain membutuhkan investasi yang tidak sedikit, Anda akan menghabiskan banyak waktu dan kenangan di tempat tersebut. Maka dari itu, berhati-hatilah dalam proses pencarian rumah. Tentukan prioritas dan kumpulkan referensi sebanyak-banyaknya. Dengan mengetahui banyak hal dan memiliki rencana yang jelas, Anda tidak akan menyesal seumur hidup.

Berikut ini tips berburu rumah:

1. Tetapkan prioritas

Sebelum mengunjungi rumah, cobalah menginventarisasi keinginan Anda. Dengan daftar ini, Anda dapat segera “mencoret” rumah-rumah yang tidak sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Selain itu, daftar ini juga menjaga agar Anda dapat menetapkan prioritas.

2. Buat daftar perbandingan

Setelah melihat beberapa rumah, biarkan mengendap dalam memori. Buatlah daftar kelebihan dan kekurangan tiap-tiap rumah setiap Anda selesai mengunjungi sebuah rumah. Jangan lupa, buat juga catatan di luar hal-hal standar, seperti lanskap, kondisi atap, cahaya alami, tempat penyimpanan barang-barang, dan berbagai biaya. Gunakan perbandingan ini dalam proses pengambilan keputusan.

3. Nikmati proses “tur”

Perhatikan dengan saksama apa yang Anda rasakan ketika masuk ke dalam rumah tersebut. Bayangkan Anda adalah pemiliknya, perhatikan area-area yang berpotensi menjadi kegemaran Anda. Ketika pertama kali sampai di rumah tersebut, singkirkan buku catatan dan bolpen agar Anda dapat fokus pada “rasa” ketimbang “logika”.

Setelah puas dan selesai berkeliling rumah tanpa mengambil catatan apa pun, sekarang tiba waktunya mencatat kekurangan dan kelebihan rumah tersebut. Bila perlu, buat juga “denah” rumah dan rancanglah kegunaan setiap ruangan.

Untuk mempermudah, mintalah izin untuk mengambil gambar dan video. Pastikan Anda tidak menyalahgunakan kesempatan tersebut. Sayangnya, hal ini cukup sulit untuk dilakukan.

4. Bawa meteran

Anda perlu membawa meteran, terutama jika sudah memiliki berbagai perabotan sebelumnya. Menggunakan perabot lama bukan hal buruk. Cara ini dapat menghemat pengeluaran hingga jutaan rupiah.

5. Angkat karpet, cek kerusakan

Jangan sampai ornamen di dalam rumah yang Anda kunjungi mengelabui atau menutupi kerusakan yang ada. Angkat karpet, sibak gorden, dan buka lemari-lemari penyimpanan. Perhatikan juga langit-langit, dinding, lantai, jendela, atap, dan bagian di bawah sink dapur.

Terakhir, mengunjungi rumah tersebut tidak hanya siang hari, juga sore hari, atau waktu-waktu lain. Anda tidak hanya dapat mengecek kondisi rumah, tetapi juga kondisi lingkungan dan keamanan setempat.

Sumber