Menpera: Rp 6,25 Juta Per Unit Rumah!

sapphire grup 59JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) mengharapkan para pengembang yang tergabung dalam asosiasi Real Estat Indonesia (REI) bisa membangun lebih banyak rumah murah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Indonesia. Harapan ini disampaikan oleh Menpera Djan Faridz dalam siaran persnya yang diterima Kontan, Selasa (10/7/2012).

Djan menyebutkan, harapan terhadap REI itu sudah ia sampaikan saat memberikan sambutan dalam kegiatan Rakerda REI Jawa Timur di Kota Batu, Malang, Minggu (8/7/2012). Lebih lanjut, ia mengungkapkan, Kementerian Perumahan Rakyat akan membantu REI membangun perumahan MBR tersebut. Ke depan, dirinya berharap akan semakin banyak pengembang yang peduli dengan rakyat kecil guna memenuhi kebutuhan rumah sebagai sarana tempat tinggal.[pullquote style=”right”]Kami siap memberikan bantuan berupa prasarana, sarana, dan utilitas berupa jalan. Untuk itu, kami akan memberikan bantuan sebesar Rp 6,25 juta untuk setiap unit rumah.– Djan Faridz[/pullquote]Dalam kunjungan kerjanya ke Jawa Timur itu, Menpera Djan Faridz bersama Deputi Bidang Perumahan Formal, Deputi Bidang Pengembangan Kawasan, Kepala BLU PPP, dan Kepala Bapertarum juga melakukan peninjauan ke beberapa lokasi perumahan, seperti Perumahan Bulan Terang Utama, perumahan PNS, dan perumahan Mondoroko Raya di Kota Malang.

“Pembangunan rumah di Jawa Timur khususnya Malang sudah ideal karena memenuhi aturan yang telah diberlakukan, yaitu ukuran luas lantai minimal 36 meter persegi. Hal itu tentunya memenuhi standar sehat. Untuk itu, kami siap memberikan bantuan berupa prasarana, sarana, dan utilitas (PSU) berupa jalan. Untuk itu, kami akan memberikan bantuan sebesar Rp 6,25 juta untuk setiap unit rumah,” tegas Faridz.

 Sumber