Share this:

Bagi keluarga muslim, adanya ruang kecil yang dimanfaatkan sebagai mushola sangat penting. Walaupun sebenarnya ibadah dapat dilakukan di kamar atau di tempat lain di dalam rumah tetapi dengan adanya mushola akan menambah kualitas dalam beribadah. Untuk beribadah pastinya membutuhkan kenyamanan agar semakin khusyuk sehingga sangat dibutuhkan tempat khusus untuk beribadah dirumah. Menghadirkan ruangan ibadah dirumah tidak melulu harus mengeluarkan biaya yang besar kok. Berikut tips menghadirkan ruang ibadah yang minim biaya. Yuk simak informasinya.

1.      Pilih spot untuk ruangan ibadah

Menghadirkan ruang ibadah didalam rumah harus didukung dengan ketersediaan tempat. Pilihlah ruangan yang tidak perlu besar namun bersih dan nyaman untuk beribadah. Apabila ketersediaan ruangan tidak memungkinkan untuk dijadikan ruangan ibadah maka menjadikan 1 ruangan menjadi 2 ruangan dengan memberinya pembatas. Pembatas tidak harus dibeli kok, anda bisa menggunakan tirai yang sudah tidak terpakai untuk pembatas ruangan misalnya.

2.      Penanda Kiblat dan aksesoris mushola

Memberikan penanda kiblat agar tidak salah saat akan beribadah. Selain itu tambahkan juga hiasan atau kaligrafi berlafadzkan Allah. Apabila anda tidak memilikinya, tidak perlu membeli. Anda bisa membuat kaligrafi atau hiasan sendiri dari kertas karton atau barang barang yang ada dirumah sesuai dengan kreatifitas sendiri sehingga tidak mengeluarkan biaya extra untuk hal ini.

3.      Perlengkapan ibadah yang lengkap

Hadirkan perlengkapan ibadah untuk mendukung ibadahmu menjadi lebih khusyuk. Siapkan perlengkapan ibadah terbaik anda seperti sajadah, sarung, tasbih, dan Al-qur’an diruang ibadahmu.

4.      Rapi dan Bersih

Perhatikan kerapian dan kebersihan ruang ibadah. Setiap ruangan didalam rumah wajib diperhatikan kerapian dan kebersihannya agar betah berlama lama didalam ruangan. Apalagi untuk ruangan ibadah harus sebersih mungkin agar membuatnya menjadi fokus dan khusyuk untuk beribadah. Bisa juga diberikan pengharum ruangan untuk membuat pikiran lebih tenang.

Nah untuk menambahkan satu ruangan didalam rumah untuk dijadikan ruangan ibadah atau mushola tidak memerlukan biaya yang besar. 

 

Sumber