Membeli Tanah di Tengah Kota

sapphire grup 111Membeli tanah kosong di tengah kota bisa dibilang susah-susah gampang, disamping jumlah tanah yang tersedia juga tidak banyak biasanya tanah di tengah kota dijual dengan harga yang tinggi. Jika beruntung, anda bisa mendapatkan tanah strategis dengan harga yang menarik.
Agar tidak tertipu oleh ulah para calo dan agen tanah, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.
1. Surat Girik
Surat Girik adalah surat yang dikeluarkan oleh kelurahan bukan dari Notaris, jadi belum disahkan oleh negara. Jika Anda ingin melakukan pembayaran tanah tersebut melalui KPR, biasanya bank akan menolak. Oleh karena itu lakukan pembayaran tunai dan ini bisa menjadi alasan Anda untuk menawar harga.
2. Status Tanah
Gunakan jasa Notaris untuk memeriksa status tanah yang akan Anda beli, jangan sampai Anda membeli tanah sengketa. Pastikan ukuran tanah sama dengan yang tercantum di surat pertama.
3. Sertifikat Hak Milik
Sebidang tanah yang jelas kepemilikannya ditandai dengan Surat Hak Milik atau biasa disingkat SHM. Jangan lupa daftarkan tanah anda di kantor Badan Pertanahan Nasional.
4. Izin Mendirikan Bangunan
Jika Anda ingin segera membangun di atas tanah tersebut lengkapi dengan surat Izin Mendirikan Bangunan atau IMB yang dapat diurus di SUDIN Tata Kota Kecamatan sesuai dengan lokasi tanah yang akan dibangun.