Lima Alasan Rumah Pertama Anda Tipe yang Kecil Saja

GOPR2201_Snapseed

Kredo klasik dan masih yang terutama di properti adalah lokasi. Ada pula pengembang yang sudah mulai memerkenalkan mazhab baru yang mengedepankan konsep, dengan tidak mengabaikan lokasi. Nah, jika kedua aspek ini sudah pas di hati Anda yang sedang mencari hunian, khusus bagi pembeli rumah pertama, ada hal penting lain yang harus diperhatikan yakni tipe rumah mana yang ingin dibeli.

Selera memang tidak bisa distandarisasi. Ada yang mungkin lebih suka rumah  dengan tipe besar dan lahan yang luas. Namun, ada pula yang lebih menyukai rumah bertipe kecil dengan jumlah kamar yang tidak banyak. Halaman rumah pun tidak perlu terlampau luas, cukup untuk sebuah taman kecil, carport yang tidak perlu pakai kanopi.

Untuk pasangan muda yang sedang melirik-lirik rumah pertamanya, berikut ini beberapa alasan mengapa rumah pertama Anda sebaiknya dicari yang bertipe kecil saja:

Harga lebih terjangkau

Rumah tipe kecil yakni 36/72 atau 45/72 lebih terjangkau dari sisi harga. Ini penting untuk pasangan muda yang secara finansial masih dalam taraf penyesuaian dengan berbagai kebutuhan, apalagi jika sudah memiliki anak kecil yang butuh biaya lain.

Pasokan lebih banyak

Jika Anda cek ke proyek-proyek perumahan yang sedang dipasarkan di pinggir Jakarta, Anda akan menemukan pasokan rumah bertipe kecil yang populasinya tinggi di setiap proyek. Perbandingan rumah tipe kecil dengan tipe sedang (di atas 45/72) dan tipe besar (di atas 90/120) selisihnya cukup signifikan. Stok rumah tipe kecil bisa mencapai 50% sendiri. Pilihan Anda jadi lebih banyak.

Mudah perawatan

Punya rumah yang hanya terdiri dari 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi pada keluarga tanpa ada pembantu rumah tangga tentu saja lebih praktis dan memudahkan dalam keseharian. Anda tidak perlu kerepotan untuk membersihkan rumah setiap hari.

Efisien dari sisi biaya

Rumah bertipe kecil tidak perlu pembantu rumah tangga yang banyak, 1 saja cukup jika hendak menggunakan bantuan orang lain. Konsumsi listrik dan air pun jadi lebih hemat karena Anda tidak butuh listrik berdaya tinggi. Pengeluaran untuk pembantu rumah tangga, listrik dan air bisa Anda hemat.

Permintaan rumah tipe kecil akan terus ada

Sebagai investasi, rumah tipe kecil lebih mudah terjual lantaran kebutuhan rumah pertama untuk pasangan muda seperti Anda, tetap dan akan terus tinggi. Ini memudahkan Anda jika kelak ingin menjadikan rumah ini sebagai instrumen investasi yang aktif dimana rumah ini mudah dijual ataupun disewakan.

Demikian beberapa keunggulan rumah bertipe kecil bagi pasangan muda, maupun bagi mereka yang ingin hidup praktis tanpa pengeluaran dan kerepotan yang tinggi. Rumah tipe kecil pun menjadi sebuah langkah awal yang baik jika kelak Anda ingin mencari rumah dengan tipe yang lebih besar lagi. (Foto: Vincentius)

sumber: rumah123.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *