Keuntungan Memilih Bank Syariah (2)

20130523_laba-btn-syariah-kuartal-i_6243

Keempat, Nasabah bisa melakukan negosiasi nisbah bagi hasil maupun marjin keuntungan untuk produk dana, pembiayaan, maupun berbasis fee (ujrah). Bahkan, ketika nasabah pembiayaan mengalami kesulitan dalam menyelesaikan kewajiban, dibuka ruang diskusi dan negosiasi agar tercapai solusi terbaik.

Kelima, Denda tidak diakui sebagai pendapatan. Hal ini berbeda dengan Bank Konvensional yang menjadikan biaya denda sebagai salah satu ukuran pencapaian kinerja. Denda yang diperoleh Bank Syariah harus dimasukkan dalam pos Dana Kebajikan, ZISWAF, atau CSR. Di Bank Syariah, denda harus sewajarnya, riil, hanya bertujuan untuk menimbulkan efek jera.

Keenam, Produk lengkap dan layanan standar perbankan. Produk Bank Syariah sudah selengkap Bank Konvensional seperti produk berbasis pendanaan, pembiayaan, jasa (seperti transaksi luar negeri, internet banking, mobil banking, layanan premium, jaringan dan ATM sampai ke berbagai pelosok daerah), dan lain-lain. Bahkan ada produk yang tidak dimiliki oleh Bank Konvensional yaitu gadai, gadai emas dan pembiayaan emas.

   Sebagai sebuah entitas perbankan, Bank Syariah juga harus memiliki standar layanan prima. Jadi, nasabah tidak perlu khawatir ketika datang ke Bank Syariah karena akan dilayani dengan layanan prima.

Ketujuh, Selalu diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS). Bagi nasabah yang menginginkan kehalalan dan keberkahan dalam menggunakan layanan perbankan tidak perlu khawatir lagi karena selain skema yang digunakan sesuai syariah, mekanisme dan operasional Bank Syariah juga selalu diawasi oleh DPS.

   DPS menegaskan bahwa jika melenceng dari ketentuan Syariah, maka pendapatan yang diperoleh tidak boleh diakui sebagai pendapatan Bank Syariah dan harus dimasukkan ke pos Dana Kebajikan, ZISWAF atau CSR. Transaksi melenceng tersebut bisa berupa transaksi yang rukun dan syaratnya tidak dipenuhi atau bisa berupa pengambilan keuntungan yang tidak sesuai ketentuan Syariah.

   Akhirnya, tak kenal maka tak sayang. Mari ke Bank Syariah untuk membuktikan bahwa memang banyak keuntungan yang bisa diperoleh dari Bank Syariah.

Oleh: Ahmad Ifham Sholihin, Praktisi Bank Syariah

1 reply

Trackbacks & Pingbacks

  1. Keuntungan Memilih Bank Syariah (1)Sapphire Grup | Sapphire Grup says:

    […] […]

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *