Kelebihan Tinggal di Rumah Kecil

Budi Sigit Purwono

Memiliki rumah yang berukuran besar memang menjadi dambaan banyak orang. Tinggal di rumah yang besar dianggap menyenangkan dan seringkali dikaitkan dengan tingkat kemakmuran seseorang. Namun tentunya ada harga yang tinggi untuk bisa menghuni rumah yang besar.

Sementara bagi Anda yang saat ini hanya bisa menempati rumah berukuran kecil, setidaknya Anda bisa belajar menerima dan mengelola rumah yang Anda tempati saat ini. Berapa pun ukurannya, Anda tetap bisa menatanya menjadi sebuah hunian yang aman, nyaman dan menarik.

Untuk Anda ketahui, sebenarnya rumah kecil memiliki kelebihan tersendiri, di antaranya:

1. Hemat
Biaya untuk perawatan rumah kecil tidaklah besar. Kebutuhannya juga tidak banyak. Anda tidak perlu banyak furnitur karena akan membuat ruangan jadi lebih sempit.

Dengan minimnya perabotan dan minimnya perawatan, akan bisa menghemat pengeluaran. Anda juga berhemat dalam penggunaan energi. Contohnya, dalam hal penerangan rumah akan lebih sedikit karena ruangan yang tidak begitu besar. Begitu pula dengan penggunaan air. Hal-hal tersebut memang terkesan sepele tapi mampu menghemat pengeluaran dibandingkan jika tinggal di rumah besar.

2. Mudah Diurus
Biasanya, rumah kecil cenderung minim fasilitas. Ketika akan meninggalkan rumah dalam waktu lama, rasa khawatir muncul cenderung lebih kecil. Rumah kecil juga lebih mudah dalam perawatan. Anda lebih mudah dan cepat dalam membersihkan seisi rumah. Sedangkan jika tinggal di rumah yang besar, akan lebih banyak hal yang terkuras, mulai dari waktu, tenaga dan pikiran.

3. Kreativitas
Kreativitas dituntut agar rumah kecil bisa tetap nyaman dihuni. Makanya, ide unik untuk menyiasati keterbatasan ruang bisa saja muncul. Misalnya, mendekorasi rumah dengan berbagai warna cerah agar ruangan terlihat hidup dan tidak sempit. Kemudian menghadirkan sejumlah furnitur multifungsi yang menghemat ruang.

Oleh sebab itu, Anda sebagai pemilik atau penghuni rumah, cobalah mengelola kondisi rumah Anda sebaik dan semaksimal mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga. Jadi, tak perlu minder jika menempati rumah yang ukurannya lebih kecil dari rumah orang lain.

 

(sumber: Rumahku.com)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *