TIPS MENDAPATKAN HUNIAN BEBAS BANJIR

Share this:

Cuaca ekstrim yang melanda akhir-akhir ini dengan tingkat hujan yang tinggi membuat sebagian besar wilayah mengalami kebanjiran.  Banjir seolah menjadi momok yang belum terselesaikan. Selain menghambat aktivitas, banjir juga menimbulkan kerugian fisik maupun non fisik bagi yang mengalaminya. Memiliki rumah di kawasan yang bebas banjir menjadi impian bagi setiap orang. Apalagi rumah dengan kualitas yang baik serta kawasan yang nyaman.  Sapphire Grup menyediakan kawasan perumahan dengan kualitas bangunan yang terbaik juga kawasan yang nyaman dan aman. Hampir semua kawasan perumahan Sapphire Grup dipastikan menjadi kawasan yang bebas banjir.

Namun, agar terhindar dari membeli rumah langganan banjir. Simak 3 tips berikut agar anda dan keluarga mendapatkan rumah bebas banjir impian anda.

  1. Lihat peta rawan banjir

Sebaiknya anda melihat dengan seksama peta wilayah rawan banjir sebelum membeli rumah. Anda bisa masuk ke berbagai situs untuk memantau dan mengerahui lokasi yang rawan banjir yang terjadi 5 tahun terakhir.  Dengan mengetahui wilayah mana saja yang rawan banjir, anda dapat mempriprotaskan wilayah tersebut sebagai calon kawasan yang nyaman ditinggali karena wilayah yang anda pilih dipastikan tidak akan banjir.

  1. Survey lokasi

Mendatangi lokasi secara langsung adalah cara yang sangat tepat dilakukan. Selain bisa menanyakan nya pada developernya langsung, anda juga bisa menanyakan kepada orang – orang sekitar yang tinggal di tempat tersebut tentang lingkungannya saat musim hujan. Sistem drainasi yang baik menjadi salah satu pertanda bahwa wilayah tersebut bisa dikatakan bebas banjir. Anda perlu mengexplorasi lokasi dengan menyeluruh agar benar – benar yakin bahwa kawasan tersebut bebas banjir.

  1. Perhatikan kondisi bangunan rumah

Salah satu hal yang terpenting juga, yang dijadikan sebagai acuan saat anda akan membeli rumah di wilayah yang katanya bebas banjir adalah kondisi bangunan rumah. Konstruksi jalan yang baik dengan paving block yang dapat menyerap air, pipa air yang digunakan sebagai pengalir air hujan dari atap harus dipasang sesuai dengan volume air dan lahan hijau yang dijadikan sebagai tempat resapan air disekitar kawasan menjadi faktor pendukung kawasan perumahan tersebut bebas banjir.