Jangan Katakan Ini Saat Berkunjung ke Rumah Teman Anda!

18173_photo (1)

Perhatikan komentar Anda ketika datang berkunjung ke rumah baru milik teman Anda

Anda sudah punya rumah sendiri atau masih berusaha untuk membeli sebuah rumah untuk Anda dan nantinya untuk keluarga Anda? Di tengah harga rumah yang melesat tidak karuan, memiliki rumah sendiri adalah sebuah perjuangan berat di dalam hidup, apalagi jika penghasilan Anda jauh tertinggal di belakang harga rumah. Berharap kenaikan gaji pun Anda hanya akan menemukan teori populasi Thomas Robert Malthus terjadi di sini: Kenaikan ‘gaji’ menurut deret hitung dan kenaikan ‘harga rumah’ menurut deret ukur.

Dengan memahami bahwa perjuangan memiliki rumah sendiri adalah upaya yang tidak ringan, patutlah Anda memperhatikan komentar Anda ketika datang berkunjung ke rumah teman Anda. Berikut beberapa pernyataan atau komentar yang mungkin bisa membuat si pemilik rumah merasa tersinggung dan tidak dihargai:

Bilang ‘its so cute!’

Cute, bisa berarti lucu tetapi orang juga bisa menyamarkan maksud sesungguhnya dengan mengatakan cute untuk sebuah rumah yang terlampau kecil. Masalahnya, apakah teman Anda menangkap itu dengan positif dan menganggap bahwa Anda sedang memuji rumah barunya itu.

Bandingkan dengan rumah Anda atau rumah teman Anda yang lain

Setiap orang memiliki pilihan sendiri sesuai kebutuhan dan keinginan masing-masing, termasuk juga rumah. Anda mungkin memilih rumah yang lapang dan luas, namun tidak demikian dengan teman Anda yang memilih hunian mungil. Mungkin lebih baik Anda bertanya dengan rasa ingin tahu yang tulus, mengapa mereka memilih rumah ini, ketimbang membandingkan dengan rumah lain.

Bilang bahwa rumah ini terlalu maha harganya

Anda mungkin bisa membeli rumah itu dengan harga yang relatif lebih murah karena mendapatkan diskon khusus. Boleh jadi karena Anda kenal dengan developernya, atau pemilik rumah yang lama. Jika temanmu sudah terlanjur membayar rumah itu dengan harga yang lebih tinggi, jangan langsung Anda beritahu dia mengenai harga lebih rendah yang Anda dapatkan. Itu akan membuatnya kecewa dan padam semangatnya karena sudah memiliki rumah.

Penuh dengan komplain

Rumah baru mungkin saja masih menyisakan beberapa hal yang belum normal seperti air yang belum lancar mengalir atau masih tersisa sarang laba-laba yang belum sempat Anda bersihkan. Anda cukup melihat dan mengamati saja, toh nantinya juga ia akan sadar bahwa beberapa ketidakberesan itu harus segera dirapihkan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *