Share this:

Salah satu wujud perawatan tempat tinggal atau rumah setelah ditempati selama beberapa waktu adalah dengan renovasi. Renovasi bisa dilakukan dengan perbaikan skala kecil seperti mengecat dinding sampai dengan skala besar seperti membongkar fondasi dan membangunnya kembali.

Renovasi rumah tidak boleh dilakukan sembarang waktu lho, walaupun hal ini sesuai dengan keinginan anda sebagai pemilik rumah. Namun, agar mendapatkan hasil kerja yang maksimal dan tidak membuang-buang uang untuk renovasi hal yang tidak terlalu penting maka anda harus memperhatikan momen yang tepat untuk renovasi rumah anda. Berikut beberapa momen yang tepat untuk anda merenovasi rumah anda. Yuk simak informasinya. 

1. Tanda tanda kerusakan muncul

Anda bisa melakukan renovasi saat bangunan sudah memberikan tanda tanda kerusakan. Misalnya seperti atap bocor dan rembesan air pada dinding ketika hujan turun. Semakin cepat tanda-tanda kerusakan ini ditangani maka kerusakan bangunan tidak akan terlalu parah dan biaya yang dikeluarkan juga tidak terlalu tinggi. Selain itu, seiring bertambahnya usia bangunan maka akan memerlukan perawatan rutin sehingga bangunan tetap prima dan kokoh.

2. Membutuhkan ruangan tambahan

Banyak alasan penghuni rumah mempeluas bangunan rumahnya, misalnya seperti membangun kamar tidur tambahan untuk anggota keluarga baru atau hanya sekedar ingin mengubah suasana rumah agar tidak membosankan. Tahap renovasi ini membutuhkan dana yang tidak sedikit sehingga sebaiknya perlu dipersiapkan sedini mungkin agar biaya yang dikeluarkan tidak terasa memberatkan.

3. Saat akan menjual rumah

Ketika anda berencana untuk menjual rumah anda, biasanya pemilik rumah akan melakukan renovasi agar rumahnya terlihat bagus saat ditawarkan ke konsumen. Selain itu cara ini juga bisa meningkatkan harga jual rumah tersebut.

4. Ketika perubahan musim tiba

Waktu renovasi yang tepat adalah ketika pertengahan musim yaitu antara musim hujan dan musim panas. Karena hasil bangunan yang dibangun atau direnovasi pada saat pertengahan musim ini akan menghasilkan hasil bangunan yang lebih baik.

Nah momen momen tersebut bisa dipilih oleh anda untuk melakukan renovasi rumah sehingga hasilnya lebih maksimal dan bisa meminimalisir uang yang terpakai.

 

Sumber