Ini Tiga Model Perhitungan Bunga KPR yang Perlu Anda Ketahui

18066_photo

Hampir semua bank berlomba menawarkan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) dengan suku bunga yang beragam. Jika Anda masih bingung untuk menentukan pilihan, bank mana yang produknya akan Anda pakai, maka sebagai tambahan pemahaman model perhitungan bunga, kami sajikan tiga cara perhitungan bunga KPR Anda.

 

1.      Bunga Flat.

Besar bunga yang telah ditetapkan bank tidak berubah. Bunga akan dikalikan utang pokok pinjaman awal Anda meski sudah mengangsur selama bertahun-tahun atau terjadi inflasi.

 

2.      Bunga Efektif.

Pada metode ini, bunga harus dibayarkan setiap bulan sesuai dengan utang pokok pinjaman bulan sebelumnya, sesuai dengan berkurangnya pinjaman karena telah diangsur. Apabila, setiap bulan ditetapkan debitur akan membayar utang pokok sebesar Rp 1 juta. Maka,  penghitungan bunga pada bulan pertama adalah Rp 36 juta x 10% x (30 hari/360 hari) sedangkan pada bulan kedua menjadi Rp 35 juta x 10% x (30 hari/360 hari).

 

3.      Bunga Anuitas 

Metode ini merupakan bentuk modifikasi metode efektif. Pada metode ini diatur agar total jumlah angsuran atau cicilan per bulan yang Anda bayar selalu sama tiap bulannya. Rumusan yang digunakan untuk menentukan suku bunga sama dengan metode efektif, tapi dengan bantuan sistem, bank bisa menentukan angsuran pokok per bulannya sehingga cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya selalu sama.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *