Ini Dia Langkah Mempersingkat Jangka Waktu KPR

im_kpr_imlek(2)Jika Anda ingin membeli atau sedang mencicil rumah menggunakan fasilitas KPR (kredit pemilikan rumah) dari sebuah bank, tentunya Anda sudah dengan saksama mencermati banyak hal. Seperti Anda memilih jangka waktu KPR yang lebih panjang sehingga besar cicilan per bulan tak terlalu besar. Lewat perencanaan keuangan nan cermat, keuangan rumah tangga Anda tentunya tak terganggu.

Tapi, situasi selalu berkembang. Mungkin saja, setelah beberapa tahun, penghasilan bersih Anda meningkat tajam. Di sinilah, di benak Anda, mungkin saja terbersit keinginan  untuk mempersingkat jangka waktu KPR. Misalnya, semula 15 tahun menjadi 10 tahun. Ini keinginan yang wajar. Sebab, mungkin saja, Anda ingin segera memiliki sepenuhnya rumah yang dicicil. Juga, kalau KPR dilunasi lebih cepat, Anda bisa segera mengalihkan anggaran cicilan KPR untuk keperluan lain.

Nah, sejumlah bank di Tanah Air, menyingkat jangka waktu KPR adalah hal yang dimungkinkan. Untuk itu, selaku nasabah KPR, tentunya Anda perlu memperhatikan sejumlah hal. Marilah kita mengupas hal-hal itu.

Langkah pertama, Anda harus menghubungi bank untuk menginformasikan keinginan menyingkat jangka waktu KPR. Di sini, selain harus membuat surat pernyataan tentang keinginan menyingkat jangka waktu KPR, Anda harus menyiapkan dan melampirkan salinan dokumen yang menunjukkan  besar penghasilan terkini.

Selanjutnya, pihak bank bakal menganalisis kemampuan keuangan terbaru Anda. Bank akan menyesuaikan jangka waktu baru dengan kemampuan keuangan terbaru Anda. Bisa saja, dalam surat pernyataan, Anda mencantumkan perubahan jangka waktu baru yang diinginkan—misalnya dari 10 tahun menjadi delapan tahun.

Pendeknya, berbekal surat pernyataan dan salinan besar penghasilan, pihak bank akan menghitung jangka waktu baru yang pas untuk KPR Anda, termasuk menentukan besar cicilan per bulan.

Tak hanya itu, sejumlah hal yang perlu Anda simak. Seperti suku bunga yang dipakai untuk KPR “baru” Anda, akan mengacu ke kondisi terkini. Lalu, untuk menyingkat jangka waktu KPR, beberapa bank yang tak mengenakan biaya. Jadi, Anda tak perlu membayar lagi biaya administrasi, provisi, dan lain-lain. Selanjutnya, ini yang menggembirakan, Anda tak dikenai biaya penalti atau denda apa pun. Dan, tentang asuransi yang lekat di rumah Anda. Di sini, jangka waktu asuransi kebakaran ataupun jiwa, bisa saja tetap mengikuti jangka waktu lama KPR. Bisa pula, jangka waktu asuransi tersebut memendek: disesuaikan dengan jangka waktu baru KPR. Tentunya, di situ, Anda memperoleh lagi sebagian premi asuransi—sungguh pun jumlahnya tak banyak.

 Jika pihak bank setuju menyingkat jangka waktu KPR, Anda pun tak perlu menandatangani akad kredit baru. Jadi, cukup menggunakan akad kredit lama. Lalu, berapa lamakah waktu yang diperlukan pihak bank untuk memroses permohonan Anda? Ternyata hanya satu hari. Hari berikutnya, Anda telah meluncur ke jangka waktu baru untuk KPR Anda—mungkin dengan membayar lebih besar untuk cicilan per bulan.

Begitulah hal-hal yang perlu Anda lakukan tatkala menyingkat jangka waktu KPR Anda di bank. Terlihat, bukan, bahwa prosesnya sangat cepat dan mudah? rumah123.com