Hindari Kutu Kasur, Jangan Pakai Seprai Warna Ini!

sapphire grup 198

KOMPAS.com – Sebuah penelitian menunjukkan, kutu kasur atau kepinding menyukai warna tertentu dari seprai yang digunakan untuk membungkus tempat tidur.

Penelitian itu melibatkan berbagai macam tes dan menghasilkan bukti bahwa kepinding akan tinggal dan beranak pinak di kasur dengan seprai berwarna tertentu.

Fakta yang ditemukan, kepinding sangat menyukai warna merah dan hitam. Namun, hewan dengan nama latin cimex lectuarius itu cenderung menghindari warna hijau dan kuning.

Para peneliti beranggapan, temuan ini dapat membantu dalam hal mengendalikan dan memerangkap hama atau kepinding.

“Kami lantas berpikir bagaimana Anda dapat meningkatkan jebakan untuk kepinding dengan menggunakan sebuah alat pengawasan yang bertindak sebagai tempat persembunyiannya dengan menggunakan warna atraktif bagi kepinding,” kata Asisten Profesor Biologi Union College, Corraine McNeill.

McNeill menyarankan untuk menambahkan zat pengendali hama pada seprai kesukaan kepinding seperti feromon atau karbondioksida.

Saat uji laboratorium, preferensi warna kepinding tergantung dari usia, jenis kelamin, rasa lapar, dan statusnya apakah berada dalam kelompok atau hanya sendiri.

Namun secara umum, preferensi kepinding terhadap warna merah dan hitam adalah sebuah hal yang lazim.

“Kami awalnya berpikir kepinding menyukai merah karena sama dengan warna darah yang merupakan makanannya, namun setelah melakukan penelitian hal itu terjadi karena warna kepinding sendiri merah dan itu sangat cocok sebagai penyamarannya,” jelas McNeill.

Sementara warna hijau dan kuning dianggap kepinding sebagai warna terang benderang yang akan menunjukkan keberadaannya.

Sumber

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *