FAKTOR YANG MENYEBABKAN HARGA PROPERTI TERUS MELAMBUNG TINGGI

Share this:

Properti saat ini menjadi primadona sebagai pilihan investasi bagi banyak orang. Keuntungan yang didapat dari investasi properti sangatlah menggiurkan dari kenaikan harga tanah sampai kenaikan harga penggunaan atau sewa pertahun. Kenaikan harga properti setiap tahunnya mencapai 15% hingga 35%. Itulah yang patut dipertimbangkan kenapa investasi properti lebih menjanjikan keuntungan dibandingkan dengan unit investasi lain. Mungkin sebagian besar penasaran kenapa harga properti terus naik dan kenaikannya sangat significant. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kenaikan harga properti, simak informasinya berikut ini.

  1. Kebutuhan terhadap properti khususnya rumah terus bertambah dari tahun ke tahun. Akan tetapi ketersediaan tanah di bumi sangatlah terbatas, tidak bertambah bahkan berkurang. Sehingga karena ketersediaannya yang semakin menipis inilah yang menyebabkan harga properti terus naik, sesuai hukum Supply and Demand. Tingkat pertumbuhan pendudukan yang terus meningkat juga berpengaruh terhadap demand (permintaan). Dengan tingkat pertumbuhan penduduk yang cukup besar maka permintaan akan properti juga besar.
  2. Inflasi yang terjadi setiap tahunnya mempengaruhi berbagai sektor perekonomian negara dengan persentase inflasi yang berbeda beda. Salah satu yang dipengaruhi laju inflasi adalah harga properti. Dengan adanya inflasi yang tinggi maka nilai mata uang melemah yang menyebabkan daya beli masyarakat menurun serta harga bahan – bahan naik termasuk harga material bangunan. Hal ini mau tidak mau memaksa developer properti untuk menaikkan harga properti.
  3. Berbagai faktor lain pun memberikan dampak pada kenaikan harga properti seperti perkembangan kawasan, branding perusahaan, fasilitas yang tersedia di kawasan tersebut.

Sebenarnya masih banyak berbagai faktor lain yang dapat mempengaruhi kenaikan harga properti. Namun beberapa informasi diatas merupakan sebagian kecil dari faktor yang dapat mempengaruhi kenaikan harga properti. 

 

Sumber