Dapat Rezeki Nomplok, Perlukah Lunasi KPR Lebih Cepat?

103524_kprdalamBagi Anda yang mempunyai rumah dengan fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dari bank dan masih mempunyai kewajiban, apakah Anda pernah berniat untuk mempercepat pelunasan utang KPR Anda? Untuk itu, apakah memang utang tersebut perlu dipercepat untuk dilunasi?

Membayar utang KPR adalah kewajiban yang harus Anda tunaikan selama kewajiban tersebut masih ada. Namun, apa yang harus dilakukan jika Anda mempunyai rezeki mendadak yang cukup besar dan bisa melunasi utang KPR Anda? Berikut pembahasan waktu yang tepat untuk melunasi KPR seperti dipaparkan Perencana Keuangan ZAP Finance Jayadin R Binaardi dalam situs resmi ZAP Finance.

Arus kas bulanan tidak sehat
Lunasi utang KPR Anda jika dalam arus kas bulanan Anda ke depannya tidak dalam keadaan sehat. Hal ini bisa terjadi jika Anda tiba-tiba tidak berkerja lagi atau pensiun dini dan atau potensial pendapatan Anda tiap bulan diperkirakan menurun drastis. Dengan kejadian tersebut akan ada kemungkinan kendala membayar cicilan selanjutnya.
Bunga/margin yang besar
Lunasi utang KPR Anda jika bunga/margin nya melebihi bunga/return dari kemungkinan yang didapat dari menginvestasikan uang Anda. Misalkan bunga/margin yang melekat dalam KPR Anda melebihi dari kemungkinan margin/return yang akan didapat dari pengelolaan uang tersebut, maka melunasi utang KPR adalah pilihan yang bijak

Pinjaman lebih besar

Lunasi utang KPR Anda jika Anda bermaksud mendapatkan utang lain dengan jumlah yang lebih besar atau bunga/margin yang lebih kecil dari sebelumnya. Biasanya pihak bank sebelum memberikan pinjaman akan menganalisis kemampuan Anda dengan melihat utang Anda sebelumnya.

Jangan lunasi
Jika dari uraian diatas tidak ada alasan yang tepat untuk melakukan percepatan pelunasan utang KPR Anda, maka Anda dapat menginvestasikannya ke instrument investasi yang ada (properti, logam mulia, obligasi, saham dan lain-lain) dengan pertimbangan nilai potensial return/margin yang lebih besar dari bunga/margin KPR Anda. Dan berdasarkan data history, return investasi property di kota-kota besar berada di atas bunga/margin KPR properti.

detikfinance.com

1 reply
  1. Uus Sujana
    Uus Sujana says:

    Sebagai orang yang mencari nafkah di “negeri orang” tentunya saya menginginkan tempat dimana masa-masa liburan untuk menghilangkan kepenatan hari-hari selama bekerja. Akhirnya saya memutuskan untuk memiliki hunian sekaligus untuk investasi dimana saya dibesarkan, terlebih anak saya sekolah ditempat kelahiran saya, Tasikmalaya. Melihat perkembangan Tasikmalaya yang jauh dari perkiraan saya, saya berhasrat memiliki tempat hunian yang ideal, dekat ke kota, dan tentunya hunian yang dilengkapi dengan infrastruktur yang memadai, seperti Masjid, taman bermain anak, dan lebih asyik lagi kalau ada club house…setelah saya mencari dan mempertimbangkan dari beberapa calon hunian yang tersebar, saya jatuh cinta pada Sapphire Residence Tasikmalaya, yang lokasinya boleh dibilang merupakan Prime Location, syarat hunian yang prospektif… ditambah pelayanan dari crew Sapphire Tasik yang sangat dapat bekerja sama dan mengerti keinginan saya…Thank’s a lot Sapphire…Maju dan Tumbuh bersama untuk invesatasi dimasa depan…salam, Uus/ Jakarta

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *