PERBEDAAN PERUMAHAN CLUSTER DAN RESIDENCE

Share this:

Semakin tingginya tingkat pertumbuhan masyarakat, kebutuhan akan berbagai aspek kehidupan semakin meningkat, salah satunya kebutuhan akan hunian pun semakin tinggi. Hal ini membuat pengembang (developer) berlomba lomba menyediakan hunian dengan berbagai kelebihan, jenis dan model rumah. Berbagai model rumah bisa dijadikan pilihan, mulai dari cluster hingga residence. Kedua model rumah ini banyak dilirik masyarakat. Namun banyak masyarakat belum mengetahui perbedaan rumah cluster dan residence. Berikut perbedaan dari rumah cluster dan residence. Yuk simak informasi selengkapnya.

Perumahan Residence

Perumahan residence biasanya mengusung konsep desain sederhana dan minimalis. Biasanya memiliki tipe rumah dan ukuran yang seragam. Letak perumahan residence pada umumnya berada di sub-urban yaitu dipinggiran kota yang lingkungannya masih asri dan bebas polusi. Jumlah rumah yang ada di perumahan residence dikonsep memiliki jumlah yang lebih banyak 

Untuk harga biasanya, perumahan residence dibandrol relatif murah dan berbagai varian harga tergantung dengan kemampuan financial masing – masing orang.  Harga perumahan residence juga dipengaruhi oleh fasilitas dan bahan baku yang di gunakan untuk membangun rumah. Fasilitas umum perumahan yang ada di perumahan residence juga cukup lengkap seperti terdapat masjid, dan playground di kawasan perumahan.  

Perumahan Cluster

Perumahan cluster adalah perumahan yang berkelompok dalam satu lingkungan dengan bentuk rumah yang serasi. Berbeda dengan konsep desain residence yang sederhana dan minimalis. Biasanya perumahan cluster memiliki konsep desain rumah yang lebih modern, berada di kawasan perkotaan yang ramai atau kawasan khusus permukiman. 

Istilah perumahan cluster merujuk pada rumah dengan model terbuka tanpa ada pagar yang mengelilingnya. Kekhasan dari perumaha cluster adalah seluruh wilayahnya dikelilingi oleh tembok tinggi dan hanya terdapat satu gerbang saja (one gate system). Perumahan cluster merupakan perumahan dengan kualitas yang premium dan dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap.

Dapat disimpulkan bahwa cluster dan residence mempunyai konsep yang berbeda. Dari tipe dan juga desain pada setiap rumahnya bahkan dari segi harga. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk and yang sedang mencari perumahan sesuai dengan kriteria.