Beberapa Alasan untuk Tidak Menunda Beli Rumah

iStock_000010774987XSmallRumah atau tempat tinggal merupakan kebutuhan pokok manusia.  Sayangnya, tidak semua orang berpikir seperti itu. Ada beberapa orang yang menunda untuk membelli rumah dan memilih untuk mengontrak rumah atau menyewa apartemen, padahal telah memiliki uang yang cukup untuk KPR atau membeli rumah tersebut.

Berikut adalah beberapa alasan yang membuat orang menunda untuk membeli rumah dan mengapa alasan itu seharusnya tidak membuat Anda mengurungkan niat untuk membeli rumah, di antaranya:

1. Lokasi Perumahan yang Jauh dari Pusat Kota

Saat ini, cukup banyak ditawarkan rumah dengan harga murah namun dengan lokasi yang agak jauh dari pusat kota. Meski harganya pas dengan kantung, namun ketika mengetahui bahwa lokasinya, calon pembeli rumah pun mengurungkan niatnya dengan alasan lokasi yang jauh.

Padahal, seriring dengan berjalannya waktu dan perkembangan wilayah, lokasi yang tadinya Anda anggap jauh akan terasa dekat. Contohnya saja, Perumahan di daerah Tangerang pada tahun 90-an ditawarkan dengan harga yang murah. Namun, karena saat itu dianggap jauh dan masih “hutan” maka banyak yang menolak untuk membeli rumah di daerah tersebut. Namun sekarang, di daerah yang sama sudah terbangun rumah-rumah real estate yang dikelilingi oleh mall dan ruko dengan harga milyaran.

Karenanya, hilangkanlah kata “Ah, jauh” dari pikiran Anda dan ganti dengan “Mumpung masih jauh, kalau sudah dekat pasti sudah mahal dan tidak terjangkau harganya.” Selama perumahan tersebut memiliki akses transportasi dan angkutan umum yang bagus dengan harga yang terjangkau, maka kenapa tidak.

Apalagi, harga rumah cenderung akan selalu naik. Ditambah, belum tentu selamanya Anda akan bekerja di wilayah Jakarta, bukan.

2. Tidak Memiliki Persyaratan yang Lengkap

Saat Anda mengajukan KPR untuk membeli rumah, pihak bank akan memberikan beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi. Sebagian orang ada yang langsung putus asa ketika mengetahui beberapa persyaratan yang diperlukan ternyata tidak dapat terpenuhi, padahal uang yang dimiliki sudah cukup. Misalnya saja tidak memiliki slip gaji karena merupakan wiraswasta atau identitas diri (KTP) merupakan KTP daerah lain.

Memenuhi persyaratan pengajuan KPR mungkin sedikit repot, namun jangan sampai membuat niat Anda untuk membeli rumah menjadi kendor. Konsultasikanlah permasalahan persyaratan Anda pada marketing atau pengembang perumahan tersebut. Jujur dan terbukalah pada mereka, karena mereka pasti akan membantu karena Anda adalah konsumen mereka.

3. Belum Memiliki Uang yang Cukup

Ini merupakan alasan terkuat untuk seseorang dalam menunda membeli rumah. Kalau tidak ada uang mau diapakan lagi? Namun, bukan berarti tidak ada solusi. Cobalah cari rumah yang masih dalam tahap indent (tanah kosong). Kemudian selama masa pembangunan berjalan (sekitar 5 bulan hingga 1 tahun) Anda bisa sekalian mencicil uang muka yang diperlukan. Namun, sebelum Anda melakukan transaksi, jangan lupa untuk terlebih dulu memeriksa kebenaran proyek perumahan tersebut.

Meski menunda untuk membeli rumah sangat disayangkan, namun bukan berarti Anda harus terburu-buru juga. Cek dan perhatikanlah beberapa hal penting sebelum membeli rumah agar Anda tidak merugi nantinya. Selamat membeli rumah!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *