Bangun Rumah Sendiri, Pertimbangkan Hal Ini Dulu Ya

istock-487108472

   Kamu ingin membangun rumah sendiri? Ga masalah kok. Saat ini pengembang perumahan memang banyak. Konsep dan desain rumahnya pun beragam. Tapi, kalau misalnya kamu memang  dapat tanah warisan atau lahan murah, ya ga apa-apa juga kamu mau bangun rumah sendiri.

Ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan sebelum membangun rumah impianmu. Simak tipsnya berikut ini.

Rencanakan Desain

Cari saja teman yang berprofesi arsitek sehingga kamu bisa mendapatkan desain dengan harga tidak terlalu mahal. Kalau mau irit, ya cari saja ide di buku, majalah, tabloid, atau berselancar di dunia maya. Rumah minimalis modern bisa menjadi pilihan karena tidak menguras dan banyak. Selain itu, bahan yang diperlukan juga tidak begitu banyak. Yang terpenting berkualitas.

 

Cek Harga Bahan dan KualitasIni yang paling repot saat ingin membangun rumah sendiri yakni mencari bahan bangunan sesuai kantong, tapi tetap berkualitas. Mendatangi tiap toko bangunan untuk perbandingan harga mestinya memang kamu lakukan. Jika kamu tidak percaya pekerja konstruksi bangunan yang kamu pekerjakan, ya siap-siap kerepotan dengan mencari bahan bangunan sendiri.

 

Selektif Pilih Pekerja Konstruksi Bangunan

Pastikan jasa pekerja yang membangun rumahmu bisa menepati target pembangunan. Jika tidak, maka akan kamu mengeluarkan biaya lagi padahal sebelumnya kamu sudah mengkalkulasikan rencana pengeluaran.

 

Pembangunan Bertahap

Mulai lakukan pendirian fondasi bangunan terlebih dahulu, tanpa harus menunggu dana tercukupi untuk keseluruhan pembangunan. Jika kamu memilih menunda untuk membangun, maka bahan atau material bangunan yang akan dibeli, harganya terus naik setiap tahun . Kamu harus rutin mengecek progres pembangunannya.

 

Buat Ruangan Multifungsi

Ruang multifungsi sangat berguna untuk menghemat anggaran renovasi. Misal, dapur disatukan dengan ruang makan, ruang keluarga bisa berfungsi juga buat ruang tamu, Dan sebagainya.

 

dikutip dari: rumah123.com (Wit)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *