Apa Itu Lokasi Bagus Dalam Properti?

sapphire grup 123Dalam bisnis properti faktor lokasi memegang peranan paling penting. Kemudian timbul suatu pertanyaan, lokasi bagaimana yang menjadi kunci sukses? Tentunya lokasi bagus. Tapi yang bagaimana? Para pakar dan praktisi properti telah memberikan pendapat beragam tentang lokasi bagus tersebut.

Lokasi properti tidak hanya berdasarkan geografi, tetapi pada lokasi itu memenuhi syarat dalam kaitannya dengan penawaran dan permintaan. Namun selain itu, menurut Budi Santoso dalam bukunya “Sukses Berinvestasi Tanah, Rumah & Properti Komersial: Aplikasi Metode Trade Up Property”, menyatakan pengertian lokasi bagus dalam proyek properti:

  • Lokasi bagus adalah lokasi yang mudah terlihat dari dalam kendaraan yang melintas. Semakin banyak kendaraan yang melintas di depan sebuah properti dan semakin mudah melihat tanda, misalnya ‘disewakan’ atau ‘dijual’ yang dipasang, kemungkinan untuk berhasil akan semakin besar. Selain itu juga sebagai salah satu bentuk iklan yang paling efektif dan hemat biaya.
  • Lokasi bagus adalah lokasi yang memiliki kualitas luar biasa, yang tidak ditemukan di tempat lain, misalnya sebuah properti di tepi air (laut, sungai atau danau) yang tersisa di daerah yang sangat popular.
  • Lokasi bagus adalah lokasi yang banyak peminatnya. Oleh sebab itu, dalam membeli properti hendaknya berdasarkan kinerja operasional properti tersebut, bukan berdasarkan harga jual, dan jangan pernah mengesampingkan lingkungan dengan nilai A plus.

Ketiga karakteristik lokasi bagus tersebut akan membentuk sebuah kebenaran bahwa lokasi bagus memiliki sedikit penawaran dan tinggi permintaan.

Sumber