AGAR PERABOTAN KAYU MU TIDAK MUDAH KEROPOS

Share this:

Perabotan yang berbahan dasar kayu tidak pernah sepi peminat. Warnanya yang natural dan cocok untuk berbagai konsep interior rumah masih menjadikan kayu sebagai bahan dasar perabotan favorit untuk sebagian besar orang. Perlu diketahui, perabotan kayu lebih rentan dibandingkan dengan perabotan berbahan lain. Perabotan kayu mudah terlihat kusam jika tidak rajin dibersihkan. Namun dalam hal perawatannya juga harus diperhatikan sedemikian rupa agar kayu tidak rusak dan mudah keropos.

Nah tips perawatan perabotan kayu berikut bisa anda lakukan agar perabotan kayu tidak mudah rusak dan keropos sehingga akan tetap terlihat bagus juga tahan lama. Yuk ikuti tips nya.

  1. Gunakan tatakan gelas dan piring

Minuman atau makanan yang panas yang diletakkan pada meja dengan bahan dasar kayu apabila tidak ditempatkan menggunakan tatakan akan menyebabkan noda yang akan susah untuk dibersihkan. Sama halnya dengan cipratan air dari minuman. Sehingga, untuk menjaga meja kayu tetap bagus dan awet sebaiknya selalu menggunakan tatakan gelas serta piring ketika menyediakan makanan diatasnya.

  1. Jangan terkena panas dan air secara langsung

Jangan meletakan furniture kayu ditempat yang terkena panas dan sinar matahari langsung. Selain akan membuat warna kayu memudar jika terkena sinar matahari langsung, furniture kayu juga memiliki kandungan kelembaban yang apabila terkena panas akan membuatnya menjadi retak. Selain panas, air juga bisa membuat furniture kayu rusak. Maka sebaiknya masukan kursi dan kayu ke dalam rumah saat musim hujan agar tidak terkena cipratan air secara langsung.

  1. Bersihkan secara teratur

Rutin membersihkan furniture kayu sangat dianjurkan karena apabila tidak rutin diberisihkan akan menyebabkan furniture menjadi kotor dan berdebu sehingga akan tampak kusam. Namun jangan membersihkan furniture dengan cara mengguyurkan air secara langsung, karena hal ini malah akan membuatnya rusak. Cukup berikan sedikit sabun ke dalam air dan lap area yang kotor dan gunakan sikat untuk menyikat sudut yang sulit. Sangat dianjurkan untuk melapisi dengan sarung atau taplak meja setelah furniture kayu tersebut dibersihkan.