4 PILIHAN INVESTASI YANG COCOK UNTUK ANAK MUDA

Investasi sangat penting untuk masa depan. Bahasan ini selalu menjadi topik yang menarik untuk banyak orang. Mindset seseorang saat mendengar kata investasi adalah kegiatan yang dilakukan untuk orang-orang yang keuangannya sudah matang. Padahal saat ini semua orang bisa berinvestasi, tidak terkecuali anak muda di range umur 20an. Diusia 20-an hingga menjalang 40-an adalah usia produktif seseorang. Diusia yang masih muda pun kita bisa  melakukan investasi untuk keperluan masa depan. Memulai investasi bisa dijadikan patokan semangat untuk kalangan muda agar tidak condong ke kegiatan menghamburkan uang.

Banyak keuntungan yang kita dapatkan dengan berinvestasi. Carilah investasi yang aman dan mudah agar kegiatan investasi lancar dan menyenangkan. Berikur 4 jenis investasi yang bisa dilakukan oleh semua kalangan :

  1. Investasi Deposito

            Deposito adalah jenis investasi yang dianggap paling umum dan juga mudah untuk anak muda. Jenis investasi ini dilakukan dengan menyimpan uang di suatu bank dengan jangka waktu yang bisa kita tentukan sendiri. Jangka waktu yang biasa diambil sekitar enam bulan hingga setahun. Resiko berinvestasi secara deposito cukup rendah. Dengan tingkat bunga yang cukup tinggi dibandingkan dengan tabungan biasa, kita bisa mendapat keuntungan dari jenis investasi ini.

  1. Investasi Asuransi

          Investasi asuransi di masa muda dianggap paling bermanfaat. Asuransi proteksi kesehatan bisa menjadi pilihan untuk investasi. Biaya premi asuransi tergolong relatif murah untuk anak muda jika dibandingkan biaya premi untuk anda yang berumur 50 tahu ke atas. Mungkin saat ini anda masih merasa sehat tapi suatu saat nanti jika anda sakit dan membutuhkan biaya yang besar, investasi asuransi akan sangat membantu finansial anda dalam membayar tagihan rumah sakit tanpa mengorek kocek dalam dalam.

  1. Investasi emas

            Harga emas yang fluktuatif dianggap sebagai pilihan investasi yang aman dan menguntungkan. Bukan rahasia umum lagi bahwa masyarakat lebih senang menginvestasikan uangnya untuk membeli emas. Walaupun harga emas fluktuatif tapi kecenderungan harga emas selalu naik setiap tahunnya. Investasi emas juga tidak harus mengeluarkan modal besar. Sekarang banyak bank atau koperasi yang menyediakan tabungan emas. Hal ini bisa dimanfaatkan sebagai jalan investasi.

  1. Investasi properti 

             Properti merupakan investasi jangka panjang yang menjanjikan. Setiap tahunnya nilai properti akan semakin naik. Selain bisa dijual kembali dengan nilai investasi yang tinggi, pun properti bisa juga disewakan dengan keuntungan yang tidak kalah menggiurkan. Investasi properti juga mempunyai resiko yang cukup rendah, karena pergerakan nilai properti tidak sekencang dan sesensitif saham. Sehingga investasi ini cocok untuk  orang yang tidak ingin mengambil risiko tinggi dalam berinvestasi.

Itulah beberapa jenis investasi yang bisa dijadikan pilihan untuk memulai berinvestasi. Selain menguntungkan, jenis investasi tersebut juga memiliki resiko yang cukup rendah. Pilihan investasi ini tergantung dengan kebutuhan kita masing-masing

 

Sumber