4 CARA KUMPULKAN DP RUMAH

nov-week1-finance-5 ways to save house down payment (519x344) pxl

Banyak orang terbentur besarnya down payment atau DP (uang muka) rumah impian padahal angsurannya relatif terjangkau. Ini dia cara mengatasinya! 

Mimpi memiliki rumah pribadi kerap terganjal besarnya DP, yaitu sebesar 30-40 persen dari nilai rumah. 

Menurut Perencana Keuangan dari ZAP Finance, Prita Hapsari Ghozie, bank akan meminta uang muka atau cicilan DP rumah sebesar 30% dari harga jual rumah dengan cicilan rumah hingga 50% dari pendapatan Anda. Jika lebih dari 35 persen, Anda akan sulit mengangsur sehingga tunggakan dan beban bunga akan membengkak. 

Namun selalu ada jalan bagi Anda yang berniat memiliki rumah. Anda bisa mendapatkan DP rumah dengan beragam cara. Berikut tips memperoleh DP rumah. 

1. Menabung:

Jika Anda mampu menyisihkan pendapatan Anda untuk menabung DP rumah, pilih jenis tabungan yang dapat meng-autodebet gaji Anda. Hitung jumlah dana yang disisihkan dan jangka waktu sesuai jumlah DP serta kenaikannya. 

Anjurannya menurut perencana Keuangan Aidil Akbar Madjid sebagaimana dilansir dari Detik.com mengatakan, minimum jumlah uang yang disisihkan untuk tabungan dan investasi adalah 15 persen dari penghasilan. Dan untuk maksimalnya tidak ada. Yang penting kebutuhan lain telah terpenuhi. 
2. Meminjam uang keluarga dekat:

Keuntungan meminjam uang dari keluarga adalah Anda bisa membayarnya dengan fleksibel dan tanpa bunga. Namun harus diingat, tetap patuhi perjanjian yang diikrarkan demi nama baik Anda. 

Dalam hal peminjaman ini meskipun dengan keluarga dekat, sebaiknya disertakan saksi. Hal ini untuk menghindari hal-hal lain yang tidak mengenakan di kemudian hari, seperti tidak melakukan kewajiban yang telah dijanjikan. 

3. Melakukan investasi:

Untuk memperoleh DP rumah, tak ada salahnya Anda melakukan investasi. Tetapi, pilih jenis investasi yang aman dan memberikan return yang baik. Pastikan juga investasi tersebut dikelola pengelola keuangan yang sudah teruji. 

Seperti yang dianjurkan banyak perencana keuangan, investasi yang dilakukan sebaiknya disebar ke berbagai macam jenis investasi, supaya nilai risiko dapat terbagi rata. 

4. Menjual kendaraan:

Mobil yang Anda kendarai bisa menjadi sumber uang muka rumah baru Anda. Sisa dari pembayaran uang muka rumah, jika masih cukup dapat anda belikan jenis kendaraan lain yang sesuai. 

Beberapa pengembang memberikan kemudahan dalam pembayaran DP rumah. Hal ini perlu ditanyakan dengan jelas, kemudahan seperti apa yang diberikan. Jika memang ada, kombinasikan dengan salah satu dari empat rencana di atas. Nah, pastikan dana darurat Anda cukup untuk membayar DP rumah dengan menghitung di kalkulator ini. Jadi, sudah siap mencicil rumah impian?

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *